10 Model Kebaya Kutubaru & Encim Yang Populer

Kebaya merupakan salah satu pakaian warisan nenek moyang yang sudah digunakan sejak dulu. Pada zaman dahulu kebaya hanya digunakan oleh orang-orang kerajaan. Namun seiring berkembangnya zaman, kini kebaya sudah bisa digunakan oleh semua orang. Kebaya sendiri sudah menjadi salah satu pakaian nasional Indonesia yang terus dilestarikan hingga sekarang.
Kebaya biasanya digunakan di acara-acara formal seperti pernikahan, wisuda, tunangan, dll. Kebaya memiliki banyak jenis, di antaranya kebaya kutubaru dan kebaya encim. Kebaya kutubaru memiliki ciri khas di bagian depan tengahnya (di bagian dada) ada tambahan kain yang menjadi penghubung antara kanan dan kiri.

contoh kebaya kutu baru

Sedangkan kebaya encim memiliki ciri khas pada bagian bawahnya memiliki bentuk runcing seperti segitiga dan di bagian kerahnya seperti berbentuk V. Kebaya encim merupakan kebaya dari percampuran budaya Cina dan Indonesia. Pada zaman dahulu, kebaya encim sering digunakan oleh orang-orang cina.
contoh kebaya encim
Sampai saat ini baik kebaya kutu baru maupun kebaya encim masih sering digunakan karena tampilan dan ciri khasnya yang menarik. Bahkan desainer-desainer terkenal Indonesia seperti Ivan Gunawan dan Anne Aventie juga sering menciptakan kebaya jenis kutu baru dan jenis encim dengan modifikasi yang lebih modern [Baca: 10 Kebaya Karya Desainer Terkenal di Indonesia]. Lalu seperti apa model kebaya kutubaru dan encim yang populer saat ini? Berikut 10 Model Kebaya Kutubaru dan Encim yang Populer:

Untuk 5 gambar diatas merupakan contoh model kebaya kutubaru dan encim untuk muslimah yang populer saat ini. Untuk memperlihatkan keindahan dari kebaya encim, pemakai biasanya memasukkan jilbabnya ke dalam kebaya. Sedangkan untuk kebaya kutubaru, pemakai biasanya menyampirkan jilbabnya ke belakang.

Sedangkan 5 gambar diatas merupakan contoh model kebaya kutubaru dan encim populer yang tidak menggunakan jilbab. Untuk model kebaya kutubaru dan encim yang tidak memakai jilbab, kita bisa menggunakan rok panjang atau pendek untuk bawahan, juga bisa dengan kebaya lengan panjang atau pendek. Semuanya pantas-pantas saja dan masih memperlihatkan keindahan kebaya jenis kutubaru dan jenis encim.

Leave a Reply