14 Pikiran Buruk Yang Muncul Saat Depresi Part 3

 
Sebelumnya saya sudah membahas 14 pikiran buruk yang muncul saat depresi part 2. Berikut lanjutan untuk 14 pikiran buruk yang muncul saat depresi part 3:

 

“Semakin keras saya meraih mimpi, saya akan jatuh ke lubang yang semakin dalam”

Pikiran ini yang membuat seseorang yang depresi akan semakin terpuruk dalam lubang keputus asaan. Ia berpikir kalau mimpi dan harapan itu tidak pernah ada. Padahal mimpi, harapan, dan keajaiban itu akan selalu ada asalkan manusia terus berusaha dan berdoa.

 

“Apapun yang mereka katakan, semuanya hanyalah omong kosong”

Ini adalah pikiran yang membuat seseorang yang depresi sering kali tidak butuh kata-kata simpati dan nasehat dari orang lain. Karena mereka berpikir jika apapun yang dikatakan orang-orang hanyalah sebuah omong kosong yang tidak terbukti kebenarannya.

 

“Tidak ada gunanya saya hidup di dunia ini, mungkin akan lebih baik jika saya mati”

Pikiran ini juga seringkali terbesit di pikiran seseorang yang sedang depresi. Perasaan malu pada diri sendiri, kecewa, putus asa, merasa dirinya payah, dan lain sebagainya tak ayal membuat mereka malas melanjutkan hidup dan berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

 

“Dunia ini terlalu kejam bagi saya”

Seseorang yang depresi seringkali merasa kalau dunia ini tidak pernah adil padanya, dunia selalu kejam, dan tidak pernah berpihak padanya. Padahal dunia ini memang tidak pernah berpihak pada siapapun. Karena Allah SWT memang menciptakan dunia ini bukan untuk bersenang-senang. Tapi Allah SWT menciptakan dunia ini untuk menguji hamba-hambanya apakah ia beriman atau ingkar.

Itu dia informasi mengenai 14 pikiran buruk yang sering kali muncul di pikiran orang-orang yang sedang depresi. Tentu jika kita terus membiarkan pikiran-pikiran buruk itu selalu melayang di pikiran orang yang depresi, maka mereka akan menjadi semakin terpuruk dan akan sangat sulit bangkit dari kesedihannya. Oleh karena itu sudah sewajarnya kalau kita sebaiknya membantu orang-orang yang depresi untuk keluar dari lubang kesedihannya. Dan meyakinkan mereka kalau hidup ini masih panjang dan masih ada orang di luar sana yang masih membutuhkannya.

Sesungguhnya manusia yang paling baik di dunia ini adalah manusia yang bisa memberi manfaat kepada manusia yang lain. Oleh karena itu, marilah kita sebagai manusia yang baik untuk terus berbuat kebaikan dan melakukan segala hal yang memberikan manfaat bagi orang lain agar hidup kita menjadi lebih bahagia.

Demikian informasi di atas. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak telah berkunjung.

Leave a Reply