4 Jenis Bahan Kain Kebaya Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Dalam pemilihan busana kebaya, terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan.  Beberapa faktor tersebut seperti warna kebaya, model kebaya , dan aksesoris kebaya. Namun selain 3 faktor tersebut ada faktor lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih maupun membeli kebaya. Faktor tersebut yaitu merupakan bahan atau kain kebaya. Untuk beberapa wanita yang sudah terbiasa dengan kain – kain busana mungkin tidak awam dengan beberapa jenis kain, namun untuk kamu yang baru pertama kali ingin membeli kebaya ada baiknya untuk memperhatikan bahan kain kebaya tersebut. Karena bahan atau kain kebaya tersebut sangat berpengaruh pada kenyamanan saat digunakan disebuah acara nantinya.  Maka dari itu, kami memberikan informasi mengenai jenis-jenis kain kebaya yang perlu ketahui sebelum membeli atau menjahit kebaya :

 

  1. Kain Satin

Kain satin ini merupakan jenis kain yang mempunyai tampilan yang mengkilap dan licin. Selain itu, jkain satin ini juga merupakan jenis kain yang lentur dan sangat mudah untuk dijahit. Saat digunakan, kain berbahan satin akan memberikan rasa nyaman dan dingin pada kulit. Maka dari itu, sangat cocok dipakai untuk kamu yang memiliki masalah pada keringat di tubuh. Pada kebaya sendiri, kain satin biasanya digunakan sebagai bahan dalaman kebaya karena sifat bahan kain yang dingin. Selain itu, kain satin juga bisa digunakan sebagai bahan outer kebaya dan rok kebaya. Dengan menggunakan kebaya berbahan satin akan membuat tampilanmu semakin terkesan elegan dan glamour

  1. Kain Brokat

Kain brokat merupakan jenis kain yang dibuat dengan beragam dekorasi bordir atau berupa hiasan benang. Pada umumnya hiasan benang tersebut berwarna emas atau berwarna perak. Pola pada kain brokat tampak begitu rumit dan sekaligus unik. Kain brokat sendiri memiliki 3 jenis kain yang berbeda-beda berdasarkan kualitas  yaitu jenis kain brokat lokal, kain brokat semi prancis, dan brokat prancis. Masing-masing kain memiliki kualitas yang berbeda-beda.

  1. Kain Tule

Kain jenis tule tersebut memiliki jenis kain yang lembut namun tidak begitu licin. Kain tule sendiri memiliki beberapa jenis, ada jenis yang polos serta jenis yang bertaburan marmer. Kain tule sendiri biasanya digunakan sebagai bahan obi maupun aksen karena sifat bahan kain tersebut yang lentur.

  1. Kain Organza

Kain organza merupakan jenis kain kebaya yang memiliki tekstur yang berkilau dan lembut. Bahan organza ini terbuat dari tenun sutra dengan bahan kain yang begitu tipis. Bahan kain organza ini sangat  cocok digunakan untuk bahan kebaya sehingga menampilkan kesan kebaya yang tampak lebih mewah

 

Demikian informasi tentang berbagai tips-tips memilih kain kebaya untuk kamu yang ingin membeli atau menjahit kain kebaya yang dapat saya sampaikan  dan semoga berbagai tips-tips diatas dapat menjadi inspirasi dan tambahan informasi bagi anda yang sedang bingung dalam menentukan kain kebaya yang sesuai dibutuhkan dan yang tepat untuk dipakai diacara penting yang dinanti-nantikan.