5 Rahasia Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Juara Kelas

Gimana sih caranya biar bisa jadi juara kelas? Apa harus belajar setiap hari? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini sering kali kita dengar dari para pelajar. Pasalnya menjadi juara kelas memang jadi impian oleh semua pelajar, karena dengan jadi juara kelas para pelajar bisa membanggakan orang tuanya, disayang guru, disayang teman, dan selalu dieluh-eluhkan setiap saat. Tapi sayangnya banyak dari para pelajar yang kurang tau gimana caranya biar bisa jadi juara kelas.

Beberapa orang memang mengatakan kalau ingin jadi juara kelas ya harus belajar. Tapi asal kamu tau kalau belajar aja ternyata nggak cukup bikin kamu jadi kuara kelas. Apalagi kalau teman-teman kelas kamu pada jago-jago. Tentu jika cuma mengandalkan belajar doang, kamu akan kalah saingan.

Lalu gimana dong caranya biar bisa jadi juara kelas? Apa ada makanan khusus biar bisa jadi juara kelas? Tenang nggak perlu pakai cara kaya gitu, berikut saya akan berikan 5 rahasia yang bisa bikin kamu jadi juara kelas. Berikut 5 rahasia yang bisa bikin kamu jadi juara kelas:

1. Mengerjakan tugas sebaik mungkin
Nilai raport tidak hanya didapatkan dari nilai ulangan dan ujian saja, tapi juga dari tugas-tugas yang diberikan guru. Nah kalau kamu ingin jadi juara kelas, kamu harus selalu rajin mengerjakan semua tugas yang diberikan guru. Ingat kerjakan semuanya, jangan pilih-pilih mata pelajaran. Kerjakan semua tugas dengan maksimal, kalau bisa hingga melampau standar penilaian guru.

2. Berusaha selalu mendapatkan nilai ulangan dan ujian tertinggi
Ulangan dan ujian adalah dua hal yang penting untuk mengukur kecerdasan murid. Kalau kamu ingin jadi juara kelas, tentu kamu nggak boleh malas-malas belajar menjelang ulangan dan ujian. Kamu harus mengerjakan dengan maksimal dan pasang target nilai yang ingin kamu capai.

3. Belajarlah secara keseluruhan
Kalau mau jadi juara kelas ya harus belajar. Nggak mungkin dong tiba-tiba kamu jadi juara kelas tanpa belajar, kecuali kalau kamu anak yang super cerdas. Tapi jangan cuma belajar doang seperti cuma dibaca atau dihafalkan, tapi kamu juga harus belajar keseluruhan. Maksutnya jangan cuma menghafalkan poin-poin yang penting saja, tapi kamu juga harus mempelajari bagaimana poin penting itu bisa disimpulkan. Misalnya waktu kamu belajar matematika, jangan cuma menghafalkan rumusnya saja, tapi kamu juga harus tau gimana rumus itu bisa terbentuk. Itulah yang namanya belajar sesungguhnya. Kamu tidak hanya menghafal, tapi kamu juga memahami. Dengan sistem belajar yang seperti itu, kamu akan lebih memahami dan bisa menyelesaikan soal-soal yang rumit dan penuh penalaran.

4. Perbanyak latihan soal

Faktanya belajar doang nggak bisa bikin daya ingat kamu kuat. Latihan soal seperti mengerjakan soal-soal lks juga penting buat kamu untuk mempertajam daya ingat kamu setelah belajar. Kerjakan semua soal-soal yang ada di buku di lksmu di waktu senggang. Terutama perbanyak latihan soal matematika dan fisika, karena 2 mata pelajaran ini rumit dan membutuhkan banyak perhitungan serta pemahaman, jadi harus dibiasakan.

5. Rajin mencatat apa yang dijelaskan guru
Mencatat pelajaran tidak harus menunggu perintah dari guru untuk mencatat. Jika kamu ingin jadi juara kelas, mulailah membiasakan diri untuk mencatat semua materi yang dijelaskan guru tanpa menunggu perintah, karena ada beberapa guru yang lebih suka bercerita langsung daripada memberikan catatan. Catatlah poin-poin pentingnya saja agar tidak ketinggalan.

Leave a Reply