Bahan Kebaya Kartini Berkualitas Untuk Tampil Anggun

Kebaya Kartini adalah salah satu jenis kebaya yang banyak digandrungi para wanita, baik anak-anak, remaja, maupun wanita dewasa. Dinamakan kebaya Kartini dikarenakan kebaya ini sering digunakan oleh Raden Ajeng Kartini dalam kesehariannya. Kebaya Kartini ini merupakan ikon mode yang menjadi bagian dari perjuangannya dalam meraih emansipasi. Kebaya Kartini terbuat dari berbagai bahan. Yang jelas, semua bahan kebaya Kartini tersebut sangat berkualitas.

Tiap bahan pembuatan kebaya Kartini memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Perlu untuk anda ketahui, bahan pembuatan kebaya Kartini yang satu dengan bahan lainnya tentu saja memberikan hasil yang berbeda. Namun, jenis bahan pembuatan kebaya Kartini apapun yang anda pilih nantinya bisa digunakan untuk menghadiri berbagai acara, baik formal, semi formal, maupun casual. Untuk anda yang sedang membutuhkan kebaya Kartini, ada baiknya anda simak bahan kebaya Kartini berikut ini.

Bahan Kebaya Kartini

Berikut ini adalah jenis-jenis bahan kebaya Kartini yang berkualitas baik selengkapnya untuk anda.

Katun

Bahan pembuatan kebaya Kartini yang pertama ialah katun. Katun adalah jenis kain yang paling sering dijadikan sebagai bahan kebaya dari dulu sampai sekarang. Bahan katun ini memiliki karakteristik lembut dan tidak panas sehingga membuat kain ini kian dipilih. Selain itu, kain katun ini juga mudah diaplikasikan, seperti halnya dijahit dan dibordir. Tak hanya bisa digunakan untuk kebaya Kartini, katun juga pas untuk membuat kebaya encim.

Dibalik semua keistimewaan bahan katun tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan. Bahan katun memiliki serat benang kurang halus. Selain itu, bahan katun ini terasa dingin dan sedikit kaku. Meski mudah menyerap keringat, bahan katun ini terbilang mudah kusut. Bahan katun ini juga rentan terhadap jamur. Disamping itu, kebaya Kartini yang terbuat dari katun akan rusak jika direndam lebih dari 2 jam dalam larutan detergen.

Satin

Satin juga termasuk salah satu bahan terbaik untuk membuat kebaya Kartini. Bahan satin merupakan jenis kain yang ditenun dengan menerapkan teknik serat filamen. Dengan teknik tersebut, kebaya Kartini berbahan satin mempunyai karakteristik mengkilap dan licin. Pada dasarnya, satin dan sutera hampir mirip. Hanya saja, kedua bahan tersebut menggunakan serat yang berbeda. Satin di tenun menggunakan serat buatan seperti halnya poliester. Sementara sutera menggunakan serat alami, yakni ulat sutera.

Meski satin dan sutera terasa lembut di kulit, bahan satin memiliki permukaan yang lebih kilat serta licin, sedangkan bahan sutera lebih halus dan ringan. Kebaya Kartini dengan bahan satin memberi kesan glamor, sensual, dan lebih feminim bagi penggunanya. Selain sebagai bahan pembuatan kebaya Kartini, bahan satin ini juga sering digunakan untuk membuat pakaian pesta dan pakaian tidur (piyama). Perihal harga, bahan satin ini sangat terjangkau.

Brokat

Kebaya Kartini juga banyak dibuat dari bahan brokat. Kain brokat ini memberi kesan glamor, maka tak heran jika banyak peminatnya. Bahan brokat itu sendiri terdiri dari 3 jenis, yakni brokat Prancis, brokat semi Prancis, serta brokat lokal. Dari ketiga jenis bahan brokat tersebut, brokat Prancis adalah bahan terbaik. Perlu untuk anda ketahui, brokat bukan bahan renda, bukan pula bahan bordir. Bahan brokat merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi, bisa dengan atau tanpa benang emas serta perak. Bahan brokat seringkali menampilkan pola yang rumit, seperti halnya bunga-bunga, tanaman, serta unsur-unsur alam lainnya.