Referensi Baju Pernikahan Adat Makassar Yang Elegan Dan Mewah

Indonesia terdiri dari beragam daerah dan suku dengan keunikan tersendiri. Untuk anda yang ingin menggelar acara pernikahan, alangkah baiknya jika anda memilih tema pernikahan dengan adat anda sendiri. Jika anda berasal dari Makassar, maka tak ada salahnya jika anda mengusung adat tersebut. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ialah baju pernikahan adat Makassar. Baju adat Makassar tentu saja berbeda dengan baju adat Jawa, Sunda, Batak, dan lain sebagainya.

Ciri khas baju adat Makassar bisa dilihat dari model, motif, hingga aksesoris khasnya. Adapun salah satu baju adat Makassar yang hingga kini masih sangat diminati ialah baju bodo. Meski anda mengenakan baju bodo, anda tetap bisa tampil modern. Hal ini dikarenakan baju bodo telah didesain semakin modern seiring perkembangan mode tanpa menghilangkan ciri khas adatnya. Selain baju bodo, masih ada banyak lagi baju adat Makassar yang bisa anda jadikan pilihan untuk acara pernikahan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja baju pernikahan adat Makassar berikut ini.

Baju Pernikahan Adat Makassar

Baju bodo Makassar didesain dengan menggunakan material tipis yang transparan. Pakaian ini dihadirkan dengan model lengan yang panjang di atas siku. Mengenai ukuran panjang-pendeknya, baju bodo bisa diatur sesuai status sosial, meskipun kini telah mulai berubah serta ditinggalkan. Layaknya pelangi, baju bodo Makassar terdiri dari aneka warna, seperti hijau, ungu, hitam, merah cabai, merah tua, dan putih. Tiap warna tersebut mengandung simbol dengan makna tersendiri. Berikut kami bagikan beberapa ide model baju pernikahan adat Makassar selengkapnya untuk anda.

Baju hijau keemasan

Gaun pengantin adat Makassar yang bisa anda jadikan pilihan ialah gaun berwarna hijau keemasan. Perpaduan warna hijau dan keemasan memang layak dicoba untuk menampilkan kesan ningrat. Dijamin penampilan anda akan terlihat seperti bangsawan. Dikarenakan pernikahan diharapkan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, ada baiknya anda total dalam berpenampilan.

Baju putih hitam

Anda juga bisa gunakan baju bodo dengan warna putih yang elegan. Baju bodo putih ini bisa anda padukan dengan bawahan berwarna hitam. Perpaduan busana ini dijamin mampu menciptakan penampilan yang luar biasa elegan dan mewah. Saat anda memutuskan untuk mengenakan baju pernikahan ini, ada baiknya para tamu undangan disarankan untuk tidak mengenakan baju dengan warna yang sama. Para tamu undangan bisa diberitahu untuk menggunakan baju dengan warna cerah maupun soft, selain hitam dan putih.

Baju merah muda

Untuk anda yang ingin tampil beda, anda bisa mengenakan baju bodo dengan warna merah muda (pink). Saat mengenakan baju pengantin ini, dijamin anda akan terlihat manis. Penampilan anda akan terkesan cute dan mampu mencuri perhatian para tamu undangan pernikahan pastinya. Warna merah muda itu sendiri memang identik dengan perempuan yang feminin dan bersifat lembut.

Baju silver biru muda

Untuk menampilkan kesan yang beda dan fresh, anda bisa kenakan baju adat Makassar dengan perpaduan warna silver dan biru muda. Mengenai modelnya, anda bisa berkreasi sesuai keinginan anda. Anda bisa mengusung baju pengantin bergaya modern maupun kental dengan nuansa adat. Meski begitu, saat anda memutuskan untuk mengusung baju pernikahan Makassar bergaya modern, ada baiknya anda tak menghilangkan ciri khas adatnya. Hal ini bisa anda terapkan pada aksesoris kepala khas adat Makassar maupun ciri khas lainnya.