Rekomendasi Baju Resepsi Pernikahan Adat Jawa Untuk Tampil Mengagumkan

Menggelar resepsi pernikahan sesuai dengan adat atau tradisi anda tentu akan terasa lebih berkesan. Adapun salah satu adat di Indonesia yang hingga kini masih banyak digunakan dalam acara pernikahan ialah adat Jawa. Resepsi pernikahan dengan adat Jawa ini mencerminkan nilai-nilai keluhuran dan kearifan budaya Jawa. Dalam menggelar acara resepsi pernikahan adat Jawa, baju pengantin menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Baju resepsi pernikahan adat Jawa ini memiliki ciri khas tersendiri.

Baju pengantin wanita dalam acara resepsi pernikahan adat Jawa umumnya dipadukan dengan paes ageng. Selain itu, mempelai wanita diberi sentuhan hiasan cunduk mentul di atas kepalanya. Dengan menggunakan adat Jawa, anda para mempelai wanita akan tampil seperti ningrat bak ratu sehari. Mengenai modelnya, baju untuk resepsi pernikahan sangatlah beragam. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja model baju resepsi pernikahan adat Jawa berikut ini.

Baju Resepsi Pernikahan Adat Jawa

Berikut ini kami bagikan beberapa model baju resepsi pernikahan adat Jawa selengkapnya untuk anda.

Beludru

Baju resepsi pernikahan dalam adat Jawa yang pertama ialah beludru. Ada baiknya anda memilih baju beludru yang berwarna hitam. Baju beludru hitam ini bisa anda padukan dengan pattern warna gold untuk memberi kesan elegan. Dengan menggunakan baju pernikahan adat Jawa ini, dijamin semua pandangan mata tamu undangan tertuju kepada anda dan pasangan.

Selain beludru hitam pattern gold, anda juga bisa memilih beludru dengan warna merah. Baju beludru warna merah ini bisa anda padukan dengan warna cunduk mentul yang juga merah. Pancaran aura anda dan pasangan akan terlihat semakin mempesona. Dengan menggunakan baju resepsi pernikahan ini, anda dan pasangan akan terlihat lebih mantap dalam menjajaki mahligai kehidupan baru sebagai pasangan suami istri.

Kanigaran

Kanigaran merupakan busana tradisional adat Jawa yang digunakan untuk pengantin wanita dan pria. Seiring perkembangan zaman, baju kanigaran ini dihadirkan dalam mode yang kian berinovasi. Baju kanigaran ini terlihat lebih modern dengan motif yang lebih menarik. Dengan sentuhan gaya modern yang klasik, baju kanigaran ini mampu menampilkan kesan gagah untuk mempelai pria. Sementara untuk mempelai wanita terkesan lebih anggun.

Batik

Dalam menggelar resepsi pernikahan adat Jawa, anda juga bisa menggunakan batik Jawa. Busana adat Jawa yang satu ini seakan menjadi salah satu ikon khas bagi negara Indonesia. Batik Jawa memiliki motif yang khas buatan tangan. Bahkan banyak masyarakat luar negeri yang begitu terpesona akan keindahan busana tradisional adat Jawa ini. Tidak heran apabila di zaman kini, batik selalu menjadi trend primadona Indonesia untuk digunakan dalam berbagai acara.

Mojang

Baju mojang juga bisa anda gunakan pada resepsi pernikahan. Busana Mojang itu sendiri merupakan salah satu baju adat Jawa untuk dikenakan para wanita. Baju adat ini berasal dari Jawa Barat. Seiring perkembangan era fashion, baju mojang kini pun semakin modern. Hal ini terlihat dari motifnya yang kian beragam. Selain itu, baju mojang juga dihadirkan dalam model yang semakin bervariasi.

Tak hanya untuk resepsi pernikahan, baju mojang ini juga sering digunakan pada ajang kontes kecantikan, khususnya jika peserta kontes tersebut berasal dari Jawa Barat. Baju mojang ini memang termasuk salah satu baju adat Jawa terpopuler dan banyak diminati. Mojang ini mampu memancarkan kecantikan perempuan sunda yang memang terkenal lugu dan baik hati.