Berbagai Desain Rumah Cantik Favorit Para Wanita

            Rumah adalah tempat kita untuk bernaung dan berlindung dari segala cuaca. Setelah kepenatan bekerja, atau melakukan hal di luar ruangan lainnya, tentu rumah menjadi destinasi terakhir untuk beristirahat. Karena itu, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam dalam demi membangun rumah impian yang nyaman bagi mereka. Kali ini, kita akan membahas berbagai desain rumah yang cantik dan disukai para wanita, selamat membaca !.

Desain Rumah Tradisional

Mungkin Anda seringkali membaca atau mendengar jenis-jenis rumah tradisional melalui sosial media. Namun, sayangnya di era modern ini jarang sekali orang yang menerapkan desain rumah tradisional. Padahal, banyak sekali jenis desain rumah tradisional yang unik cantik dan menarik sebagai berikut.

Rumah Joglo

            Joglo adalah rumah tradisional Jawa Tengah. Pada dasarnya, rumah ini banyak menggunakan kayu sebagai material utamanya. Bentuk atapnya yang menyerupai trapesium menjadi ciri khas tersendiri. Selain itu, rumah joglo terkenal dengan pendapa atau aula terbuka yang bisa menjadi tempat berkumpul keluarga. Meskipun sebenarnya banyak pakem tersendiri dalam penempatan ruangan rumah joglo, kini jenis desain rumah ini telah banyak dimodifikasi terutama oleh hunian seperti hotel. Jika Anda menyukai desain yang elegan dan hangat, rumah joglo akan sangat cocok untuk Anda.

Rumah Adat Bali (Gapura Candi Bentar)

Seperti namanya, rumah adat Bali biasanya hanya ditemui di pulau Bali. Rumah adat Bali sangat identik dengan ukiran 3 dimensi yang timbul di permukaan dinding, juga tugu atau tempat persembahan di bagian depan rumah. Rumah adat Bali yang agak tertutup ini sangat unik. Karena tiang tiang yang dipasangkan memiliki ciri khas tersendiri. Meskipun tidak tinggal di Bali, rumah adat bali juga cocok dan nyaman untuk negara tropis seperti Indonesia.

Rumah Panggung

Rumah tradisional panggung ini berasal dari pulau Sulawesi. Bgai Anda yang memiliki rumah di daerah rawan banjir, atau daerah pantai, rumah ini sangat cocok. Rumah panggung memiliki bagian kosong di bagian bawah sehingga ketika bajir atau air sedang pasang, rumah tetap aman dan tidak tergenang air. Banyak sekali hotel yang menggunakan konsep tradisional ini. Rumah panggung memiliki atap yang tinggi sehingga banyak udara dan terasa sejuk. Namun jika Anda tinggal di tengah kota, nampaknya jenis rumah ini kurang cocok untuk Anda.

Desain Rumah dari Berbagai Penjuru Dunia

            Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, juga semakin memperluas trend dalam berbagai bidang, termasuk desain interior. Desain minimalis sangat terkenal di Indonesia. Berbagai jenis desain dari penjuru dunia telah mengafeksi dan memberi inspirasi baru bagi para desainer Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis desain rumah yang menarik dan patut menjadi rekomendasi desain rumah Anda.

Skandinavian

Warna putih bisa memberi kesan lebih luas pada ruangan. Skandinavian design menekankan warna warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu untuk memberi nuansa dingin dan luas. Ciri lainnya dari desain Skandinavian adalah adanya jendela dan pencahayaan yang cukup sehingga warna putih dalam ruangan tidak nampak pucat. Selain itu biasanya penempatan barang-barang dilakukan dengan sederhana dan rapi sehingga ruangan terlihat lebih luas.

American Style

Desain rumah di Amerika cenderung lebih hangat. Pemilihan warna yang menarik dan lembut seperti kuning gading, krem, cokelat, dan orange menjadi ciri khas tersendiri. Rumah Amerika biasanya memiliki lebih banyak furniture dengan motif dan penempatan yang beragam. Rumah terlihat agak sempit dengan banyak furnitur, namun tetap hangat karena ada pencahayaan yang cukup. Jendela yang digunakan biasnaya jendela besar dengan sekat-sekat sehingga ada cahaya yang cukup untuk memberi penerangan di siang hari.

Bohemian Interior Design

Bohemian sebenarya berasal dari kawasan Bohemia, suatu daerah di eropa. Terkenal dengan motifnya yang mearik dan penuh pesona. Lain dari yang lain, desain bohemian memilih warna dan patern yang lebih beragam. Ruangan akna dipenuhi dengan berbagai pernak pernik, juga tanaman. Desain ini sangat ramah, namun juga cantik dan nyaman. Hanya saja, jika Anda kurang memiliki waktu untuk merawat rumah, sepertinya bohemian interior design menjadi kurang cocok bagi Anda. Butuh perawatan khusus agar rumah dengan interior seperti ini selalu bagus dan dibersihkan berkala agar tidak terlihat berantakan.

Chinese Interior Design

            Rumah-rumah dengan desain Chinese biasanya memiliki ruangan yang cukup luas dengan furnitur kayu khas Cina. Penerangannya melalui lampu, dan agak tertutup di beberapa bagian. Di rumah Cina pada umumnya, orang orang memajang koleksi erupa guci dan lain-lain di sudut ruangan. Batas antar ruangan memiliki pintu yang lebar sehingga sirkulasi udara sangat bagus. Bagi Anda yang memiliki tanah yang cukup luas, namun ingin interior sederhana, modle rumah modern Cina bisa menjadi inspirasi Anda.

Desain Rumah Unik

Membuat hunian yang sesuai dengan keinginan kadang menjadikannya unik dan berbeda dari yang lain. Berikut ini adalah desain rumah yang unik, yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda.

Rumah Kaca

            Pernahkah Anda membayangkan jika seluruh dinding rumah Anda terbuat dari kaca ?. Mungkin akan sedikit ngeri, mengingat kaca adalah suatu bahan yang mudah pecah. Bagaimana jika dinding itu pecah, kemudian membuat bagian lainnya ikut rapuh ?. Gambar di atas adalah inspirasi rumah kaca. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena para arsitek pasti sudah memiliki perhitungan tersendiri mengenai hal ini. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah keadaan rumah. Karena kaca adalah benda transparan, sehingga cahaya matahari bisa dengan mudah masuk dan menghantarkan panas ke dalam rumah. Namun jika Anda menyukai hal yang unik seperti ini, mungkin tembok kaca bisa menjadi bagian dari rumah Anda.

Vintage House

            Trend vintage sempat booming beberapa saat yang lalu. Kesan retro dan old style disukai karena membawa berbagai kenangan dan ketenangan bagi sebagian orang. Dalam interior design, vintage merupakan salah satu hal yang unik. Kesan back to nature sangat terasa, hangat dan nyaman. Banyak orang yang senang menikmati ketenangan rumah vintage ini. Jika Anda senang dengan furnitur kayu, dan barang arang antik lainnya, tema vintage akan cocok untuk desin rumah Anda.

Dream House

Apakah Anda salah satuorang yag suka dengan rumah mirip dengan istana ?. Rumah bulat dengan model seperti kondominium ini terlihat mewah dan elegan. Kesan mewah ditunjukkan dari bentuknya yang tidak biasa, namun juga sederhana. Rumah rumah seperti ini akan cocok bagi Anda yang memiliki banyak keluarga. Karena rumah ini memiliki banyak bagian dan cukup luas layaknya pavilliun.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa desain rumah yang mungkin disukai para wanita. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mencari inspirasi bangunan hunian impian Anda di masa depan. Jangan ragu-ragu untuk mewujudkan dan membuat mimpi Anda menjadi nyata. Sampai jumpa di artikel selanjutnya !.