Berbagai Manfaat Dan Kekurangan Arisan Bagi Wanita

            Arisan adalah kegiatan unik yang ada di Indonesia. Entah sejak kapan dimulainya tradisi arisan ini, yang jelas arisan selalu berhasil mendekatkan para anggotanya layaknya sebuah organisasi formal. Biasanya, arisan dilakukan oleh para ibu-ibu. Namun tidak jarang, pria ataupun instansi seperti kantor juga mengadakan arisan.

 

 

Apa sih arisan itu ?. Arisan adalah model menabung untuk suatu masa yang tidak tentu kapan bisa diambil manfaatnya. Misalnya, Anda mengikuti arisan sembako. Anda membayar sejumlah uang, namun ternyata pada bulan kedua, Anda sudah bisa mendapatkan sembako. Biaya sembako yang belum Anda bayar bisa dikreditkan dan dibayar di bulan berikutnya, tanpa bunga. Bagi wanita, terutama yang sudah berkeluarga, arisan bisa menjadi salah satu kegiatan yang mengasikkan, bukan?. Sebenarnya apakah arisan ini sepenuhnya bermanfaat bagi kita ? Apa saja yang bisa dilakukan dalam arisan ? Simak penjelasannya di bawah ini, selamat membaca !.

Mengapa Arisan itu Penting dan Bermanfaat

Sebenarnya, tujuan utama arisan bukan untuk menabung atau menyimpan uang layaknya di bank. Anda bisa saja membayarkan pokok arisan secara rutin, namun yang Anda terima harus dialokasikan untuk menyediakan jamuan pada periode pengocokan berikutnya. Mungkin jika hanya melihat dari sisi ekonomis, arisan sebenarnya tidak terlalu menguntungkan dibanding kegiatan ekonomi lainnya. Namun, di lihat dari sisi lain, sebenarnya arisan mempunyai banyak manfaat, apa sajakah itu ?.

  1. Mendekatkan Satu dengan Lainnya

Arisan sejatinya adalah sarana bagi Anda untuk kumpul-kumpul dengan teman dan sanak saudara. Kehangatan yang timbul karena obrolan ringan dalam arisan bisa mempererat jalinan hubungan Anda dengan orang lain yang tidak bertemu setiap hari. Bahkan dalam beberapa pekerjaan, kita kadang tidak mengenal teman kerja dari departemen lain. Arisan bisa menjadi sarana kita untuk mengenal dan dekat dengan rekan kerja. Jika Anda adalah tipe orang yang sibuk dan sangat serius bekerja, mungkin ada baiknya meluangkan waktu untuk arisan sebagai tempat kumpul setiap minggu atau periode tertentu.

  1. Melepaskan Stress

Setelah menghadapi pekerjaan setiap hari, tentu Anda butuh refreshing. Arisan dapat dilakukan di berbagai tempat. Tak jarang, sekelompok orang memilih kafe atau tempat terbuka sebagai venue arisan. Tentu kegiatan ini bisa memberi Anda space untuk merefresh pikiran dan mencari udara segar.

  1. Melanjutkan Hobi

    Para sosialita seringkali mengadakan arisan untuk mendapat barang limited edition tertentu dalam suatu periode. Hobi hobi seperti kolektor ini memberikan Anda wadah untuk menginvestasikan uang pada barang yang jelas ingin Anda miliki. Ketimbang menabung di bank, yang belum tentu kita gunakan untuk membeli barang yang dimaksud, arisan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelemahan dan Kekurangan Arisan

            Setiap kegiatan pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan arisan. Meskipun terkadang tradisi ini dinilai merugikan, namun tetap saja digemari oleh masyarakat. Apa sajakah kekurangan dan kelemahan arisan ? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Ketidakpastian Waktu

Tidak ada standar waktu yang tetap dalam arisan. Maksudnya, kita membayar iuran arisan secara berkala, namun tidak jelas kapan bisa mengambil manfaatnya. Sehingga, barang-barang yang didapatkan di arisan lebih baik bukanlah barang-barang pokok yang harus segera dibeli. Akan sangat merugikan ketika kita membayar untuk manfaat yang diharapkan dalam sebulan, namun kenyataannya mendapat giliran arisan empat bulan berikutnya. Otomatis kita harus memutar rencana keuangan, bukan ?.

  1. Ajang Gossip

Bukan rahasia lagi jika arisan menjadi aktivitas “rumpi” anggotanya. Menceritakan keburukan satu orang, kemudian membahasnya hingga semua orang tahu. Wah, kalau tujuan arisan hanya untuk mengetahui gossip terkini, lebih baik Anda menonton infotainment atau stalking sosial media orang tersebut saja deh.

  1. Lebih Menguntungkan Pemenang di Awal Periode

Dalam hal arisan uang, dimana pemenang ariisan akan mendapat jumlah uang tertentu, masih diragukan jumlah nilai yang sebenarnya. Jumlah nilai uang terus naik. Misalnya dulu kita dapat membeli sebungkus nasi dengan harga Rp 500, namun sekarang sebungkus nasi baru bisa dibeli para harga Rp 2000. Tentu ketimpangan ini menjadi sebuah kerugian bagi Anda yang baru memenangkan arisan di periode akhir.

Tips Memilih Arisan

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan umum pada arisan, berikut ini adalah tips dan beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengikuti arisan.

Sebelum memutuskan memilih arisan mana yang tepat, sebaiknya Anda berkaca pada kondisi ekonomi. Artinya, jangan sampai iuran arisan menjadi beban seakan akan sebagai suatu pokok pinjaman bagi Anda. Pastikan kebutuhan rumah tangga Anda telah terpenuhi, baru sisa uang bisa digunakan untuk arisan dan menabung untuk kebutuhan di masa depan.

Pilih arisan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan takut dan gengsi untuk menolak ajakan arisan yang tidak penting bagi Anda. Ikutlah arisan arisan yang menguntungkan posisi anda. Misalnya jika Anda adalah pegawai baru sebuah perusahaan, arisan kantor wajib anda ikuti sebagai sarana mengenal dan berinteraksi dengan orang lain. Tawaran arisan salon misalnya, tidak perlu Anda ikuti jika memang tidak begitu penting dan menguntungkan untuk Anda.

Pertimbangkan orang orang yang mengajak anda arisan. Tidak jarang, arisan menjadi salah satu model penipuan. Seseorang mencoba mengumpulkan uang anggota, kemudian dibawa lari dalam modus penipuan. Karena itu, ada baiknya Anda berhati-hati. Jangan terlalu mudah percaya dengan orang yang tidak Anda kenal. Lain lagi ceritanya dengan arisan keluarga yang sudah jelas terpercaya. Yang penting, teliti dan jangan mengikuti arisan yang abal-abal dan tidak meyakinkan.

 

Tidak usah ikut terlalu banyak arisan. Iuran arisan memang tidak terlalu besar, karena itulah beberapa orang kadang ikut arisan ini itu. Namun sadarkah Anda bahwa ekonomi bukanlah suatu hal yang pasti ?. Bisa saja suatu masa Anda ditimpa musibah dan membutuhkan uang, sementara Anda juga memiliki iuran arisan yang begitu banyak. Bukannya menghilangkan stress, namun akan menambah pikiran Anda.

Selain itu, terlalu banyak arisan juga menyita banyak waktu. Bayangkan jika Anda menang empat arisan dalam sebulan. Pada bulan berikutnya, Anda akan hais waktu mempersiapkan tempat dan sajian untuk arisan. Karena itu, pikir-pikirlah dnegan matang terlebih dahulu sebelum emmutuskan mengambil arisan. Jangan sampai arisan yang tujuannya untuk have fun, malah menjadi beban bagi Anda.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai kelemahan dan kelebihan, serta tips memilih arisan. Apakah Anda juga salah satu penggemar tradisi yang sudah jadi gaya hidup masyarakat Indonesia ini ?. Semoga melalui artikel ini, Anda bisa lebih cermat dan selektif dalam memilih arisan yang Anda ikuti. Sampai disini dulu artikel kali ini, semoga membantu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya !.