Berbagai Persiapan Pernikahan Yang Penting Kadang Terlupakan

Momen pernikahan biasanya dirayakan dengan selebrasi yang meriah. Pernikahan dinilai menjadi salah stu awal baru sehingga tak jarang orang rela menguras isi kantongnya demi mendapatkan pernikahan impiannya. Namun, nyatanya meskipun telah disiapkan dengan sedemikian rupa bahkan menggunakan jasa wedding organizer, tetap saja ada beberapa hal yang missing atau terlupa. Seperti pepatah tiada gading yang tak retak, begitu pula berjalannya sebuah perencanaan pernikahan. Kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa hal yang seringkali terlupakan dalam persiapan pernikahan, selamat membaca!.
Beberapa Detail Pernikahan yang Perlu Dicermati
Sebelum melaksanakan pernikahan, tentunya Anda harus mempersiapkan banyak hal secara detail. Bukan hanya untuk mendapatkan pernikahan yang sesuai dengan impian saja, tetapi juga meminimalisir over budgetting dan salah persepsi pada panitia pernikahan. Berikut ini adalah beberapa detail pernikahan yang perlu dicermati saat perencanaan pernikahan.
Budgeting


Perencanaan keuangan haruslah dilakukan secara matang. Jika perlu, sewa gedung setahun atau setengah tahun sebelum hari H. Hal ini dapat meminimalisir naiknya bdudget karena harga sewa gedung yang meningkat di kemudian hari. Tentukan berapa budget yag Anda perlukan dan usahakan untuk memapatkan budget agar tidak terbuang untuk hal yang tidak penting. Tentukan juga berapa budget untuk setiap bagian, misalnya utuk katering sekian juta, dan sebagainya.
Perkiraan Jumlah Tamu Undangan


Dalam beberapa pernikahan yang terbuka, kadang terjadi kasus membludaknya tamu undangan yang membuat souvenir dan makanan menjadi salah perkiraan. Saat perencanaan, sebaiknya Anda memperkirakan dengan cermat segala kemungkinan yang mungkin terjadi. Usahakan untuk menetapkan limit di atas jumlah undangan yangs eharusnya. Misalnya jika undangan yang disebar sebanyak 300, maka buatlah perkiraan souvenir sekitar 350 hingga 375 pieces.
Memastikan Susunan Acara


Meskipun sebagai mempelai, Anda perlu tahu betul mengenai susunan acara. Perkiraan waktu untuk susunan acara juga bisa Anda gunakan untuk mengambil waktu istirahat, juga memastikan waktu sewa gedung. Seringkali dalam acara epernikahan, karena terlalu menikmati, pernikahan digelar terlalu lama sehingga over budgeting. Bukan bermaksud pelit, namun Anda bisa memapatkan waktu. Misalnya sewa gedung hingga pukul 10 malam untuk berjaga-jaga acara akan molor.

Tips Agar Rencana Pernikahan Berjalan Lancar
Mempersiapkan pernikahan tentunya bukan hal yang main-main. Karena itu, perlu tim yang hebat juga untuk mempersiapkan pernikahan. Tips pertama yang harus Anda ketahui dalam mempersiapkan pernikahan adalah memilih tim wedding organizer yang tepat. Terkadang, beberapa wedding organizer sangat ribet dan menghabiskan waktu kita. Sesuaikan saja dengan keinginan Anda, biasanya setiap wedding organizer memiliki budaya kerja dan tipe yang berbeda. Anda bisa mencari informasi dari internet maupun dari teman Anda.


Gunakan model RSVP. Di Indonesia sendri, masih jarang pernikahan yang menggunakan sistem konfirmasi semacam itu. Model RSVP artinya dalam undangan, Anda mencantumkan nomor yang bisa dihubungi untuk konfirmasi kedatangan ke pernikahan Anda. Meskipun Anda sudah menetapkan budgeting untuk souvenir dan sebagainya, RSVP sangat membantu untuk perkiraan pengurangan atau penambahan souvenir dan porsi makanan.


Pesanlah gaun dan tuksedo sesegera mungkin. Jika Anda berniat membuat gaun pernikahan Anda sendiri, ada baiknya untuk memastikan gaun telah siap sebulan atau dua bulan sebelumnya. Pemesanan gaun yang terlalu mepet dengan waktu pernikahan akan membuat pengerjaannya kurang maksimal dan ada kemungkinan cacat gaun atau keterlambatan penyelesaian.


Pastikan Anda mencicipi katering yang akan dipesan untuk pernikahan Anda. Kebanyakan orang tidak menyadari betapa pentingnya hal ini. Makanan di pernikahan sangat berkesan bagi para tamu. Jadi ada baiknya untuk memastikan semuanya sendiri sebelum Anda menyuguhkannya kepada para tamu undangan.


Prewedding bukanlah kewajiban. Banyak orang yang ribut sendiri mempersiapkan pernikahan karena jadwal pekerjaan yang sudah padat, harus ditambah lagi persiapan ini itu yang serigkali memicu stress pada pasangan. Jika merasa tidak mempunyai waktu, tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan pre wedding. Toh, Anda bisa foto sendiri di studio dibanding harus pergi jauh untuk hunting foto.
Berbagai Wedding Organizer Terpercaya di Indonesia
Arundina Wedding adalah salah satu pilihan bagi Anda yang tinggal di Kota Bandung. Salah satu wedding organizer ini menawarkan berbagai paket pernikahan. Konsentrasinya dalam menyelenggarakan pernikahan yang syar’i. Jadi bagi Anda yang ingin konsep pernikahan syar’i, arundina mungkin bisa menjadi spesialis yang tepat untuk Anda.


Rina Gunawan Wedding Organizer adalah salah satu wedding organizer yang ada di Jakarta. Untuk konsep sendiri, wedding organizer ini fleksibel dan mengikuti keinginan klien. Berdiri pada tahun 1992, tentuna website ini memang sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan kegiatan pernikahan dan berbagai kegiatan lainnya.


Bali Exotic Wedding adalah salah satu wedding organizer yang bertempat di Bali. Wedding organizer ini memiliki spesialisasi yakni menyelenggarakan pernikahan bagi masyarakat asing atau luar negeri. Berbgai paket disiapkan mulai dari rooftop wedding, beach, hingga berbagai pilihan lainnya. Meskipun mengkhususkan bagi masyarakat luar negeri, namun bagi warga Indonesia sendiri juga bisa memilih wedding organizer ini. Mereka bahkan telah memiliki partnership dengan salah satu wedding organizer di Australia.


Bagi Anda yang bertempat di Jawa Tengah, salah satu wedding organizer ini bertempat di jawa Tengah bernama Mahkota Enterprise. Mahkota adalah sebuah perusahaan jasa yang bergerak di bidang organizing. Mulai dari kegiatan atau acara hingga pernikahan. Meski bertempat di Jawa Tengah, namun Mahkta enterprise juga melayani permintaan event hingga Kalimantan, Bali, Yogyakarta dan masih banyak kota lainnya.
Itulah tadi beberapa tips dan ulasan mengenai persiapan pernikahan untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan hari bahagia Anda. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya!.