Cara Memulai Bisnis Online Untuk Wanita Setelah Lulus Kuliah

 

            Setelah lulus kuliah, banyak sekali peluang pekerjaan yang berada di pasaran. Sayangnya, mencari pekerjaan memang tidak semudah sekedar mendaftar kepanitiaan. Perusahaan biasanya sangat selektif dan memiliki kriteria tertentu dalam perekrutan. Ketika Anda tidak diterima dalam suatu perusahaan, bukan berarti Anda tidak memiliki kualifikasi yang cukup. Namun, bisa jadi Anda memiliki potensi untuk bekerja di tempat lain dengan gaji yang jauh lebih besar.

Terlepas dari itu semua, pernahkah Anda berpikir untuk membuka usaha sendiri setelah lulus kuliah ?. Akan sangat membosankan jika Anda menghabiskan waktu hanya untuk menunggu pengumuman dan menunggu telepon untuk interview pekerjaan. Memulai usaha bisa menjadi ide bagus untuk mengembangkan potensi, dan membuka peluang baru bagi Anda.

Di era globalisasi ini, sangat mudah untuk melakukan segala hal. Bisnis-bisnis online menjamur di pasaran. Entah bisnis yang nyata, maupun penipuan, atau bahkan bisnis yang kurang menguntungkan. Bisnis bisnis online ini adalah salah satu jenis bisnis yang cukup mudah untuk dirintis. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara dan tips untuk memulai bisnis online setelah lulus kuliah, selamat membaca !.

Memilih Jenis Bisnis Online yang Tepat

            Seperti yang telah dikatakan tadi,banyak sekali jenis bisnis online saat ini. Mulai bdari bisnis berbasis retail, MLM, dropship, atau self production. Sebagai orang yang akan membuka bisnis, tentu Anda harus memahami perbedaan jenis jenis bisnis tersebut.

Bisnis retail adalah bisnis yang berupa menjual kembali barang secara eceran. Penjual retail biasanya membeli dulu barang dari toko grosir, kemudian menjual kembali dengan mengambil sedikit keuntungan. Bisnis retail sangat mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun, kemungkinan  keuntungannya akan tidak terlalu besar jika Anda memutuskan untuk menggunakan model bisnis ini. Akan membutuhkan cukup waktu untuk mengembalikan modal Anda sebelum sempat menerima profit.

Lain halnya dengan  retail, sistem dropship memberi Anda begitu banyak keuntungan. Anda hanya perlu memposting gambar yang dijual orang lain, kemudian meminta penjual untuk mengirim ke alamat pemesan atas nama Anda. Simple bukan ?, secara kasar, model seperti ini seringkali disebut makelar. Keuntungannya mungkin akan kecil, dan resiko kerugian akibat administrasi sangat mungkin terjadi. Namun sisi baiknya, Anda tidak perlu menyiapkan sejumlah modal untuk memulainya.

Salah satu bisnis yang masih dipertanyakan hingga saat ini adalah jenis bisnis MLM. MLM adalah kepanjangan dari multi level marketing. Anda menjadi penjual barang, sekaligus penjual sistem. Misalnya produk alat makan (tupperware), produk kecantikan (oriflame)dan berbagai produk lainnya. MLM yang sudah terkenal dan memiliki nama seperti itu bisa Anda coba. Namun, berhati hatilah dengan MLM yang tidak jelas dan tidak memberikan gambaran yang jelas untuk model penjualannya.

Saat ini marak bisnis-bisnis yang memperjualbelikan pin konveksi. Sebenarnya modelnya jelas, menjual pin turun temurun satu tangan ke yang lain. Hanya saja, akan ada suatu masa ketika ini tidak akan dibutuhkan lagi. Kemudian, kemungkinan pembelian pin untuk penggunaan konsumen sangat kecil. Sehingga “penjualan pin konveksi” seperti kedok untuk mendapat keuntungan tanpa banyak manfaat yang didapat konsumen. Berhati-hatilah dalam memilih MLM yang akan Anda ikuti.

Jenis bisnis yang satu ini adaah yang paling sulit dan kompleks. Bisnis self production/manufacture tidak hanya membutuhkan modal, tetapi juga skill yang bagus. Anda merintis bisnis benar benar dari awal dan Anda harus kreatif untuk menarik minat konsumen. Memang mulanya akan sangat susah, namun bisnis produksi ini akan sangat menjanjikan di masa depan.

 

Persiapan Membuka Bisnis Online

            Hal terpenting yang harus dilakukan ketika akan membuka suatu bisnis adalah apa yang akan dijual. Apakah Anda akan menjual jasa, atau barang. Jika jasa, jasa apa yang akan dilakukan, dan sama halnya dengan barang.

Dalam menentukan bisnis, Anda sangat perlu melihat pasar. Apa yang sudah terlalu banyak ada, apa yang diminati konsumen tetapi masih sedikit penjual, da sebagainya. Anda harus melihat peluang. Melihat peluang disini juga berarti menganalisa permintaan konsumen. Karena, bisa jadi barang yang tidak banyak dijual mungkin karena memiliki sedikit peminat. Karena itulah Anda harus melakukan observasi terlebih dahulu.

Gunakan hobi dan bakat Anda untuk memulai bisnis. Jika Anda berbakat memasak, Anda bisa membuat bisnis kue kecil-kecilan seperti pesanan cake, pudding, atau makanan lainnya yang Anda kuasai. Atau jika Anda mahir dalam bidang web desain, Anda tinggal membuat pamflet dan menawarkan workproject Anda.

Karena bisnis online adalah bisnis yang berbasis internet, Anda wajib memastikan memiliki profil di sosial media. Prodil ini dapat berupa website, halaman facebook, instagram, atau berbagai sosial media lainnya. Buatlah layouting yang menarik dan informasi yang jelas. Tentukan nomor yang bisa dihubungi, alamat yang jelas agar terpercaya. Berikan rules atau peraturan model pembelian, dan rekening transfer. Setelah menyiapkan semua informasi, Anda telah siap untuk membuka bisnis online Anda sendiri.

Promosi Bisnis Online Agar Cepat Dikenal

Mempromosikan bisnis online Anda adalah hal yang lumayan sulit. Apalagi jika Anda tidak memilik terlalu banyak relasi, Anda harus memutar otak agar bisa menemukan cara yang tepat agar bisnis cepat dikenal.

Trik yang pertama untuk melakukan promosi bisnis adalah melalui akun artis atau seleb dalam sosial media. Ketika Anda mengunjugi profil artis di instagram, yang perlu Anda lakukan bukan mengikutinya. Namun melihat akun akun followersnya dan mengikuti orang-orang yang mungkin akan penasaran dan memberikan follow back pada akun Anda. Dengan begini, pengikut Anda akan bertambah dengan sendirinya.

Trik yang kedua adalah dengan membeli paid promote. Memang followers yang banyak tidak menentukan likes dan order yang banyak. Tetapi jumlah followers secara tidak langsung bisa mempengaruhi psikologis konsumen untuk menganggap bisnis Anda terpercaya.

Yang ketiga, adalah mengadakan promosi awal pembukaan. Mungkin akan beresiko kerugian di awal, namun cara ini sangat ampuh untuk menarik minat konsumen. Ide give away juga bisa Anda lakukan. Misalnya dnegan meminta orang menaruh komentar dan mengajak teman-teman untuk mengunjungi profil Anda.

Ketiga trik di atas baru bisa dilakukan ketika Anda telah memposting gambar mengenai produk dengan jelas. Jangan pernah menggunakan foto berkualitas rendah dalam bisnis online. Orang cenderung menyukai sesuatu yang artistik dan classy. Karena itu, ada baiknya Anda menjaga isi dan konten profil bisnis online Anda dalam keadaan rapi dan artistik.

Itulah tadi beberapa tips dan langkah-langkah bagi Anda yang ingin memulai bisnis online setelah kuliah. Memulai bisnis online mungkin tampak sepele, tetapi jika sudah berkembang, Anda tidak akan bisa membayangkan bagaimana rekening Anda selalu menerima uang setiap harinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di artikel selanjutnya !.