Cepat Mempunyai Anak Setelah Menikah

Mungkin beberapa dari Anda sudah mengalaminya. Tetangga ataupun mertua Anda menanyakan kapan Anda berencana akan hamil, atau bahkan menanyakan apakah Anda sudah hamil atau belum. Pertanyaan ini merupakan suatu hal yang sensitif dan sulit dijawab bagi beberapa orang, bagaimana dengan Anda ?.

Salah satu tujuan menikah memang untuk menghasilkan keturunan. Ada beberapa orang yang memang sengaja menunda memiliki keturunan karena berbagai alasan. Namun ada juga beberapa orang yang menginginkan kehamilan dini. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa cara untuk mempersiapkan kehamilan Anda. Beberapa tips yang mungkin bisa Anda coba untuk mempercepat kehamilan Anda.

Persiapan kehamilan sejak dini

Sebelum masa kehamilan, Anda perlu mempersiapkan banyak hal. Kehamilan tidak hanya terjadi karena pembuahan sel sperma dan sel telur saja, tetapi juga karena keadaan tubuh yang mumpuni untuk mengalami masa kehamilan. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah rutin berolahraga. Rutin berolahraga dapat membuat kondisi Anda selalu fit dan membuang lemak jahat yang berlebih agar masa kehamilan Anda semakin nyaman. Anda dapat melakukan jogging di minggu pagi, dan berjalan jalan di sore hari. Yoga dan senam  juga dapat menjadi pilihan.

Makanlah makanan bergizi. Jika Anda adalah pekerja kantoran yang super sibuk dengan segala deadline, Anda tentunya sering memakan fast food. Kebiasaan memakan makanan bergizi sejak dini dapat membiasakan Anda dalam masa kehmilan. Memberikan nutrisi yang tepat untuk janin Anda. Sehingga ketika masa kehamilan, Anda sudah tidak kaget dan bisa memenuhi asupan gizi.

Memantau berat badan. Berat badan Anda akan naik secara drastis ketika Anda hamil. Karena itulah pantau berat badan normal Anda agar saat masa kehamilan, Anda tidak merasa terganggu. Selain itu, berat badan juga akan mempengaruhi masa kehamilan dan melahirkan. Berat badan yang terlalu kurus membahayakan saat masa kehamilan, karena beban yang dibawa begitu berat, sehingga tubuh bisa saja kaget.

Konsutasikan penggunaan obat pada dokter. Jika Anda menderita suatu penyakit dan membutuhkan obat terus-terusan, konsultasikan kepada dokter kandungan apakah peggunaan obat Anda bisa terus dikonsumsi atau ada alternatif lain. Hal ini dikarenakan beberapa obat bisa mengurangi kesuburan.

Rileks, hindari stress. Perasaan stress dapat mempengaruhi hormon Anda. Seringkali stress mempengaruhi siklus haid Anda, apalagi stress berat. Maka kendalikan emosi dan berusahalah untuk santai dengan sedikit berlibur, olahraga, atau menonton TV.

Berhentilah dari program diet ketat. Berhentilah dari program diet yang menyiksa, dan mulailah hidup sehat dengan makanan bergizi da olah raga. Meminum air putih delapan gelas sehari juga sangat mungkin untuk membantu menggantikan diet ketat yang sebelumnya Anda laksanakan.

Dalam mempersiapkan kehamilan, Anda juga harus mencari waktu yang tepat dalam melakukan hubungan seksual agar pembuahan dapat terjadi secara sempurna. Salah satu cara untuk merencaakan kehamilan adalah dengan menghitung masa subur Anda.

Cermat menghitung masa subur

Bagaimanakah caranya menghitung masa subur ? Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya. Terutama pasangan baru yang belum tau menau soal yang demikian. Masa subur wanita pada umumnya terjadi 12-16 hari sebelum masa haid berikutnya (bagi wanita dengan siklus normal 28 hari). Pencatatan hari pertama dan hari terakhir Anda ketika haid sangat penting. Karena akan memudahkan Anda dalam penghitungan masa subur.

Anda dapat menghitung sendiri masa subur anda dengan cara sebagai berikut :

  • Hitunglah siklus terpendek haid Anda, dikurangi 18. Misalnya 22 hari. 22-18 = 4. Angka empat tersebut adalah hari pertama posisi paling subur Anda setelah haid.
  • Kemudian kurangkan siklus terpanjang haid Anda dengan sebelas. Misalnya siklus terpanjang Anda adalah 27 hari. 27-11= 16. Angka 16 menunjukkan hari terakhir posisi paling subur Anda setelah haid.

Selain menghitung masa subur, Anda juga dapat mengetahui masa subur Anda melalui beberapa indikator. Yang pertama yakni suhu basal Anda meningkat. Suhu basal adalah suhu tubuh Anda ketika bangun tidur. Yang kedua, adanya lendir dari mulut rahim yang kental dan bening. Yang ketiga, akan terjadi nyeri pada perut ataupun punggung. Nyeri ini bisa berat maupun ringan, tergantung dengan kondisi Anda. Yang terakhir adalah munculnya perasaan lebih bergairah dalam diri Anda.

Selanjutnya, dalam mempersiapkan kehamilan, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dan periksa kesehatan ke dokter kandungan. Tanyakan hal-hal yang mungkin belum Anda ketahui dalam mempersapkan kehamilan. Apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jangan malu-malu untuk menceritakan kondisi dan menanyakan kesehatan rahim. Justru konsultasi yang terbuka akan mempermudah dokter dalam memberikan tips dan masukan bagi Anda.

Ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memicu hormon Anda. Beberapa makanan ini dianggap dapat mempercepat kehamilan. Penuhi asupan kalsium dengan mengonsumsi sekitar 1000mg kalsium setiap hari, yang setara dengan delapan gelas susu. Jika Anda tidak menyukai susu, Anda bisa memakan berbagai olahan susu seperti yogurt. Selain itu, makanlah keju. Keju dapat dikombinasikan dengan jenis makanan lain agar lebih variatif dan enak dikonsumsi. Kacang kacangan juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Beberapa jenis makanan lain yang dapat Anda konsumsi antara lain :

  1. Makanan yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Jenis makanan yang demikian dapat mempercepat kesuburan dan memicu sel telur yang cukup. Makanan berasam folat tinggi seperti kentang, berbagai olahan kedelai, tepung terigu, kuning telur, pisang, dan juga kubis.
  2. Sayuran dan buah organik. Sayuranhijau seperti bayam,kangkung, dan sawi sangat dianjurkan. Anda juga bisa mengkreasikan sayuran hijau yag di jus bersama buah buahan.
  3. Makanan untuk melancarkan siklus menstruasi seperti wortel, dan kacang polong.
  4. Protein dalam ikan dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita.
  5. Makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi seperti roti, sereal, daging merah. Oatmel yang dicampur dengan susu juga dapat menjadi pilihan.

Dari semua ulasan di atas. Cara yang tepat agar cepat hamil adalah dengan  melakukan kegiatan seksual pada masa subur Anda. Agar cepat hamil setelah haid, baiknya Anda mengetahui dan paham betul soal masa kesuburan Anda sendiri. Jangan lupa untuk menandai masa haid Anda di kalender, agar mempermudah Anda dalam memantau masa subur.

Jika ada masalah dengan siklus haid yang tidak teratur, sebaiknya segera Anda konsultasikan ke dokter. Bukan tidak mungkin jika terjadi sesuatu yang tidak Anda ketahui dalam tubuh Anda. Periksakan kesehatan rahim secara rutin juga untuk memantau kemungkinan kehamilan Anda. Untuk beberapa wanita yang berusia sudah tidak muda, tentunya kehamilan akan menjadi sangat beresiko. Maka rajinlah pergi ke dokter dan menanyakan kemungkinan kehamilan Anda.

Itulah tadi berbagai tips yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kehamilan. Semoga dapat membantu Anda mempersiapkan kehamilan. Selamat mencoba, semoga berhasil dan cepat mendapatkan buah hati yang sehat. Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya !.