Contoh Batik Kebaya Wisuda Untuk Wanita Kurus Dan Gemuk

Atasan kebaya pada umumnya terbuat dari kain tile dan kain katun, sedangkan bawahan kebaya dibuat dari kain batik atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan sebutan jarik. Berbagai macam jarik hadir saat ini, dengan model dan motif yang unik. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai berbagai model jarik yang cocok untuk Anda, selamat membaca!.
Berbagai Macam Batik Kebaya Wisuda
Jarik merupakan sebuah pakaian yang terbuat dari lembaran kain batik berbentuk persegi panjang. Dari satu bidang kain batik, Anda bisa mendapatkan banyak penampilan yang berbeda. Kini, hal ini semakin lebih mudah karena adanya bawahan batik instan seperti rok yang bisa langsung dipakai tanpa harus mengatur dan menata model batik secara manual. Nah, berikut ini adalah berbagai macam jarik batik yang biasa digunakan bersama kebaya wisuda.
Batik Klok (Flare Skirt)


Rok berjenis klok ini sejatinya sering disebut dengan flare skirt atau A line cut pada dunia fashion. Model rok klok sempit di bagian perut, lalu melebar hingga ke bawah. Jenis rok ini sangat cantik dan nyaman. Beberapa model bawahan batik memang agak sulit untuk dipakai berjalan. Namun model rok klok ini memiliki model yang lebar sehingga sangat nyaman dipakai untuk berjalan.
Batik Lilit


Model rok yang satu ini sedang trend di pasaran. Banyak orang yang sudah menjual batik lilit jadi, namun kain batik lilit yang masih lembaran tetap saja digandrungi para wanita. Kain batik lilit bisa dimodel menjadi berbagai macam bentuk. Bahkan kini banyak tutorial di youtube yang menunjukkan bagaimana mengenakan batik lilit dengan aneka model mulai dari yang formal sampai informal.
Rok Batik Tulip


Bagaikan bunga tulip, model rok ini menguncup hingga bagian lutut, kemudian melebar hingga ke mata kaki. Model rok ini sangat elegan dan bisa membuat lekukan tubuh Anda lebih menonjol. Rok Batik model tulip juga sangat nyaman digunakan sama halnya dengan batik klok.
Batik Span


Tentunya kita semua sudah mengetahui jenis rok ini. Span adalah model rok yang lurus ke bawah tanpa ada potongan model. Rok span sangat formal dan bisa memberikan ilusi tubuh tamppak sedikit lebih tinggi. Karena itulah, model rok batik span tidak pernah ditinggalkan hingga kini.


Saat ini telah ada inovasi baru rok span yang lebih modern. Karena rok span dikenal cukup ketat dan sulit untuk digunakan berjalan, maka hadirlah model rok span ini. Rok span yang dibelah di bagian tengahnya untuk memberikan space bagi Anda. Selain itu, rok ini juga mmeberikan kesan seksi dan elegan kepada penampilan Anda.
Batik Lipit


Rok lipit atau rok rimpel adalah sebutan Indonesia bagi pleated skir yang sering disingkat plisket. Rok ini sangat istimewa sebab memiliki tekstur berupa lekukan di seluruh bagian rok batik. Menyetrikanya juga tidak sembarangan agar lipitan di rok tidak hilang. Model rok ini juga sangat nyaman. Meskipun terlihat seperti rok span, namun rok batik lipit memiliki kain yang lebih lebar dan bisamelar sehingga nyaman digunakan.
Motif Unik Batik Kebaya Tradisional
Banyak wanita yang senang memakai kebaya, tetapi jarang yang memiliki pengetahuan akan motif-motif kebaya. Di Indonesia sendiri, ada ratusan bahkan ribuan motif kebaya. Dari yang terdaftar, maupun yang kontemporer atau tidak terdaftar. Tentunya setiap motif kebaya memiliki keunikan dan makna yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa motif unik batik kebaya tradisional yang sering kita temui.
Batik Parang Rusak


Jenis batik ini merupakan salah satu batik yang memiliki usia tertua di Indonesia. Batik parang rusak biasanya berbentuk S, yang diambil dari gelombang ombak. Batik Parang Rusak didominasi oleh warna putih dan cokelat saja, sangat sederhana dan bisa dipadukan dengan berbagai warna. Batik ini memiliki arti yang sangat dalam, yakni untuk tidak menyerah seperti ombak laut yang kian bergerak. Batik Parang Rusak juga mengisahkan mengenai perjuangan yang tak jua usai, juga jalinan yang tak pernah putus untuk senantiasa memperbaiki diri.
Batik Kawung


Batik kawung juga merupakan salah satu jenis batik kuno di Indonesia. Batik kawung memiliki motif seperti repetisi bulatan bulatan yang diambil dari visual buah kelapa. Masih seputar warna putih dan cokelat, batik kawung cocok dipadukan dengan berbagai warna kebaya. Batik ini memiliki filosofi bahwa tekad dan usaha yang kuat akan membuahkan hasil yang berlipat ganda melebihi perjuangan kita.
Batik Madura


Batik Madura adalah salah satu jenis batik yang memiliki warna cerah dengan beragam motif. Biasanya, batik madura didominasi dengan warna cokelat, merah, dan hijau gelap. Sehingga perpaduannya pun biasanya juga seputar warna warna tersebut. Karena banyaknya corak dalam batik Madura, setiap warna memiliki makna yang berbeda. Yang jelas, batik madura memiliki arti religius tersendiri bagi masyarakatnya.
Batik Pekalongan


Seperti namanya, batik ini tentu berasal dari daerah di Jawa Tengah bernama Pekalongan. Batik Pekalongan juga memiliki banyak corak yang berbeda, bahkan hingga dibuatnya Museum Batik Pekalongan. Namun, pada umumnya batik klasik khas Pekalongan memiliki motif bunga. Dengan warna cokelat merah dan hijau yang terang. Motifnya pun kebanyakan memberikan satu pusat perhatian seperti gambar di atas. Filosofinya sendiri diambil dari alam dan lingkungan sekitar.
Contoh Batik Kebaya untuk Wanita Gemuk
Menjadi wanita gemuk bukanlah hal yang memalukan. Asalkan Anda percaya diri dan apa adanya, tidak ada masalah tentang bentuk badan. Namun, karena memiliki bentuk badan yang unik, wanita gemuk harus pandai memilih baju yangtepat agar terlihat pantas dan cantik mengenakannya. Berikut ini adalah contoh batik kebaya untuk wanita gemuk.


Rok Span sangat cocok dengan wanita gemuk. Pilihlah rok batik span yang tidak terlalu ketat sehingga tidak menyiksa dan nyaman digunakan untuk berjalan. Rok span dapat memberikah efek lebih tinggi dan ilusi cenderung lebih langsing kepada pemakainya. Hindari atasan yang terlalu panjang apalagi hingga menyisakan sedikit sekali rok span yang terlihat.


Lain halnya dengan wanita gemuk, wanita kurus justru cenderung lebih cocok mengenakan rok span pendek. Rok span pendek dapat memperlihatkan betis Anda yang kecil sehingga penampilan menjadi lebih eye catching dan cantik. Jika ingin menggunakan rok span yang panjang, mungkin rok span dnegan belahan pada bagian tengahnya akan membuat penampian Anda lebih menarik.


Rok klok juga sangat cocok dnegan wanita bertubuh gemuk. Jenis rok ini selain nyaman, dapat memberikan ilusi bahwa bagian bawah rok batik yang mekar adalah karena model, bukan karena bentuk tubuh Anda. Karena itu, rok klok sangat cocok untuk wanita gemuk.