Desain Baju Muslim Modern Yang Cocok Untuk Pesta Dan Wisuda

Fashion hijab selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Terutama mengenai berbagai model model fashion hijab. Mungkin Anda sering melihat fashion hijab yang sedang trend, namun tidak tahu nama dan tergolong pada jenis fashion apa. Atau mungkin Anda baru saja berhijab dan ingin tahu sebenarnya apa sih nama dan jenis baju-baju cantik para muslimah. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa fashion hijab yang cocok digunakan untuk pesta dan wisuda, selamat membaca.

Abaya

Abaya adalaha salah satu jenis fashion muslim wanita yang identik dengan tampilan wanita timur tengah. Jenis baju muslimah berbentuk mirip jubah yang agak lebar ini biasanya berwarna hitam. Abaya biasanya dihiasi dengan aksesoris di sepanjang bagian tengah depan baju, juga di ujung lengan. Abaya sangat populer di kalangan wanita Arab, karena sesuai syari’at, nyaman dan tetap anggun.

Desain abaya tidak hanya bisa dipakai untuk seharhari, lho. Abaya juga sagat coock dibagai untuk berbagai acara seperti pesta. Hanya saja, mungkin tambahan aksesoris bisa membuat abaya pesta lebih glamour dibanding abaya yang dipakai sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa desain abaya yang bisa Anda pakai untuk pergi ke pesta.

Abaya

Seperti yang Anda ketahui pada umunya, begini lah beberapa contoh abaya cantik yang cocok digunakan untuk pesta. Memberikan kesan glamour dan anggun dan tetap mempertahankan kesyar’ian sebagai seorang muslimah.

Open Jacket Abaya

Abaya jenis ini adalah modifikasi modern dari abaya. Penggunaan warna yang lebih cerah namun tetap netral menjadi ciri khasnya. Open jacket kebaya yang dimaksud bukan kebaya yang ditutupi jaket atau cardigan. Namun abaya yang memiliki cutting seolah olah cardigan dan dress yang terpisah. Cantik, simple, dan cocok untuk Anda yang tidak ingn tampil terlalu glamour.

Abaya Batwing

Batwing atau sayap kelelawar juga merupakan modifikasi baru abaya. Memasukkan desain kaftan ke dalam abaya, kemudian muncullah abaya batwing cantik yang bisa Anda gunakan untuk menghadiri pesta, pengajian, atau arisan.

Kaftan

            Kaftan adalah pakaian wanita pada zaman Persia kuno. Perkembangan kaftan di Turki sangat pesat sehingga kaftan identik sekali dengan wanita wanita Turki atau dianggap pakaian khas Turki. Bentuk kaftan yang hampir menyerupai model batwing ini menjadi trend baru di Indonesia semenjak diperkenalkan oleh beberapa artis kondang.

Perbedaan kaftan dan abaya sangat kentara. Selain dari desain, juga bahan yang digunakan. Jika abaya biasanya menggunakan bahan kain yang pekat dan agak tebal, lain halnya dengan kaftan. Kaftan biasanya dibuat dari kain kain terawang seperti kain chiffon, ceruti, dan lain-lain.

Beberapa contoh desain kaftan di atas bisa menjadi inspirasi baju pesta Anda. Kaftan sebenarnya tidak hanya cocok untuk wanita dewasa saja, lho. Anak-anak pun bisa memakai jenis baju ini karena desainnya yang cantik, dan warna baju kaftan yang beragam.

Gamis

Di antara semua jenis baju muslimah, gamis menjadi primadona wanita Indonesia. Apa sih gamis itu ? Gamis adalah Abaya yang didesain lebih ringan, berwarna, dan terkesan lebih playful. Jika abaya biasanya didesain lebih besar sehingga benar-benar tidak menampakkan tubuh, lain halnya dengan gamis. Gamis memiiki model cutting yang lebih slim, dengan model flare skirt. Pemakaian gamis biasanya dipaduka dengan khimar atau kerudung panjang sebatas perut sehingga meskipun desainnya agak slim, namun tetap tidak mempertontonkan lekuk tubuh wanita.

Bahan kain yang digunakan juga berbeda. Kain baju gamis biasanya berupa kain katun, atau kain bermotif yang ringan dan manis. Karena keunikannya tersebut, gamis tidak hanya cocok untuk digunakan sehari-hari, namun gamis juga cocok digunakan untuk menghadiri berbagai pesta. Berikut ini adalah beberapa contoh gamis cantik yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Wrap Dress

Wrap dress sebenarnya adalah desain gaun wanita-wanita Eropa. Kesan slim fit dan modis yang ditampilkan wanita wanita Eropa itu nampaknya menginspirasi dunia desain muslimah juga. Saat ini, wrap dress juga seringkali diadopsi dalam desain gaun wanita muslimah. Wrap dress adalah gaun yang biasanya dibuat seakan akan bersilangan menutupi satu bagian tubuh dengan yang lain. Nah berikut ini adalah contoh wrap dress untuk memperjelasnya.

Meskipun sederhana, wrap dress bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi inspirasi gaun Anda. Gaun ini cocok untuk segala bentuk tubuh. Untuk tubuh yang kurus, Anda dapat nampak slim dan terkesan modis. Sedang untuk orang bertubuh gemuk, wrap dress biasanya berupa kerah V yang bisa memberi ilusi sedikit lebih kurus kepada Anda.

Namun, Anda perlu berhati hati dalam memilih jenis kain wrap dress. Karena desainnya yang lumayan potensial untuk menonjolkan bentuk tubuh, maka hindari wrap dress berbahan kaos maupun spandek. Pilihan warna juga perlu diperhatikan. Agar model wrap dress kentara, lebih baik menggunakan warna yang cerah seperti cokelat susu, biru muda, atau merah maroon.

Gaun Kebaya

Jenis gaun terakhir yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah gaun kebaya. Anda pastinya sudah sering mendengar kata gaun kebaya ini. Gaun kebaya adalah inovasi baru dari kebaya tradisional yang berupa atasan dan bawahan. Nah, untuk memberi kesan lebih modern, akhirnya dibuatlah berbagai jenis gaun kebaya yang kemudian populer dan viral.

Gaun kebaya memiliki sedikit perbedaan dengan kebaya konvensional pada umumnya. Yang pertama adalah bahan, bahan kebaya biasanya terdiri dari jarik, dan kain atasan yang beragam. Namun, beberapa gaun kebaya memilih bahan yang cenderung berbeda seperti satin, velvet, atau kain chiffon, atau tutu dress.

Aksesoris pada gaun juga berbeda. Kebaya tradisional biasnaya menggunakan manik manik untuk menghiasi baju agar nampak lebih special dan glamour. Sedang gaun kebaya lebih identik dengan kain brokat sebagai aksesorisnya. Berikut ini adalah beberapa desain gaun kebaya modern untuk Anda.

Seperti yang Anda tahu, budaya memakai kebaya untuk wisuda seperti sesuatu yang sudah melekat di darah daging. Tanpa perlu diberitahu pun, orang-orang akan otomatis mempersiapkan baju kebaya untuk menghadiri acara wisuda mereka. Selain karena tampilannya yang formal dan elegan, kebaya juga telah menjadi identitas bangsa Indonesia.

Kini, model gaun kebaya semakin beragam. Ada kebaya dengan model peplum, model gaun, loose back, hingga model gaun kebaya yang sexy dan agak terbuka. Gaun kebaya muslimah manakah yang akan Anda pilih untuk menghadiri acara wisuda atau menghadiri pesta pesta ?.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai jenis-jenis desain baju muslimah yang bisa Anda pakai untuk pesta dan wisuda. Semoga artikel ini bermanfaat, memberi pengetahuan lebih dan inspirasi baru bagi Anda. Selamat berkreasi dengan desain baju muslimah Anda sendiri dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya !.