Desain Undangan Pernikahan Yang Disukai Wanita

            Undangan pernikahan adalah sesuatu yang cukup krusial dalam persiapan pernikahan. Semua orang tentu melihat undangan sebagai wajah pertama yang biasanya merujuk pada tema pernikahan. Kini, banyak undangan dengan tema-tema unik yang bisa Anda gunakan. Ana juga dapat menambahkan foto pre-wedding, denah, RSVP (konfirmasi kedatangan), boarding pass, dan masih banyak lagi. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai beberapa tema undangan pernikahan yang unik dan disukai oleh wanita, selamat membaca!.

Desain Undangan Pernikahan Tema Shabby Chic

Shabby Chic adalah sebuah tema yang menggambarkan romantisme dan kelembutan. Tema ini datang dari Inggris sejak tahun 1900-an. Shabby chic mengedepankan nuansa klasik yang unik, namun tetap modis dan tidak ketinggalan jaman. Warna-warna netral seperti abu-abu, arang, krem, merah retro, biru tua, plum, coklat, gading, lavender, dan warna pastel menjadi ciri khasnya. Tema shabby chic biasa didominasi dengan bunga untuk memberi kesan romantis.

Terkadang, tema shabby chic juga mengarah ke arah vintage. Konsep yang manis, namun dengan warna-warna lusuh dan aksesoris yang lusuh juga bisa menjadi ide desain undangan. Biasanya, kertas yang digunakan adalah kertas berwarna cokelat karton, atau warna kuning gading yang agak tua. Begitu pula dengan aksesoris yang dipakai, berwarna kekuningan atau putih tulang.

Desain Undangan Pernikahan Tema Botanical

            Mendengar kata botanical, mungkin yang terlintas di pikiran adalah tumbuh-tumbuhan, bunga, dan hijau. Begitu juga dengan desain undangan tema botanical. Biasanya tema ini mengambil gambar dedaunan, dan tumbuhan dengan warna segar sebagai aksesoris utama dalam desain.

Desain botanical didominasi dengan warna hijau dan putih. Model desain ini mengedepankan kesan elegan namun tidak berlebihan. Font atau jenis tulisan yang dipilih cenderung lebih simple dan bukan merupakan tulisan latin yang terlalu rumit. Desain yang sederhana ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat undangan pernikahan outdoor atau di taman.

Desain Undangan Pernikahan Animasi

Animasi dikenal dengan permainan digital desain yang cantik, unik, dan lucu. Penggunaan warna-warna cerah dan desain yang premium membuat animasi kini juga digemari oleh banyak pasangan. Desain undangan pernikahan dengan ikon animasi untuk menggambarkan kedua mempelai ini memberikan kesan playful namun tetap manis. Berikut ini adalah contoh desain undangan pernikahan dengan tema animasi.

Desain Undangan Pernikahan Elegan

            Memang hingga saat ini belum ada pengertian elegan secara jelas dalam desain. Elegan adalah pandangan yang sangat relatif bagi setiap orang, ukuran elegan bisa saja berbeda satu dengan orang lainnya. Namun elegan yang dimaksud kali ini adalah desain undangan pernikahan yang mewah, dan berkelas.

Desain undangan pernikahan elegan sangat berbeda dengan tema lainnya. Pemilihan warna dilakukan dnegan memadukan dua warna yang sama sama kuat seperti biru tua dan silver, merah dengan emas, dan sebagainya. Pemberian aksen ornamen seperti garis lengkung berulang ulang biasanya menjadi ciri khas desain ini. Ada pula yang menambahkan dnegan pita dan aksesoris lainnya. Untuk font atau jenis huruf yang dipilih biasanya menggunakan font yang agak miring dengan tipe tulisan latin. Di Indonesia sendiri, jenis tema undangan dnegan desain ini sangat diminati oleh masyarakat.

Desain Undangan Gulung

Pernahkah Anda melihat surat dalam botol yang biasa ditemuka di ujung pantai layaknya film ?. Konsep undangan gulung ini sebenarnya mengambil dari ide surat dalam botol tersebut. Undangan unik ini juga bisa dibentuk seperti sebuah surat gulung kerajaan dengan bambu di ujung surat. Warna yang digunakan biasanya warna warna yang menyerupai kayu, atau pasir. Berikut ini adalah contoh undangan pernikahan dengan model gulung yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Puzzle Undangan Pernikahan

Menyukai teka-teki dan menginginkan sesuatu yang super unik untuk pernikahan Anda? Puzzle undangan penrikahan ini mungkin akan Anda sukai. Anda dapat mengirimkan puzzle yang dimasukkan dalam sebuah wadah untuk dirangkai sendiri oleh tamu undangan. Atau, Anda juga bisa memberikan teka teki dalam undangan pernikahan.

Undangan unik ini mungkin akan sedikit mahal karena bagian cutting yang cukup detail. Namun, undangan unik ini pastinya tidak akan terlupakan oleh penerimanya. Warna yang digunakan juga bebas, sesuai dengan keinginan. Yang jelas, puzzle undangan pernikahan ini sangat unik dan bisa dikreasikan dengan tema apapun yang Anda inginkan.

Desain Undangan Pernikahan Tema Musik

Desain undangan pernikahan memang baiknya menggambarkan pribadi kedua mempelai. Bagi Anda dan pasangan yang menyukai musik, mungkin desain undangan ini akan cocok untuk Anda. Desain undangan ini menggunakan model piringan hitam layaknya sebuah piringan musik dengan warna yang bermacam-macam. Namun selain itu, Anda juga bisa membuat undangan dengan ornamen alat musik lain seperti piano, gitar, biola, dan lain-lain. Berikut ini adalah contoh undangan retro musik untuk inspirasi Anda.

Desain Undangan Pernikahan Tema Buku

Desain undangan yang mirip dengan paspor maupun buku novel ini sangat unik dan menarik perhatian. Anda bisa mengadopsi cover buku untuk dijadikan desain undangan. Misalnya novel A dengan model cover wajah pasangan, maka Anda bisa mengimitasinya dengan melakukan hal yang sama pada foto prewedding. Font yang digunakan sederhana, dan lebih terkesan playful. Undangan ini cocok bagi Anda yang ingin membuat undangan unik, namun sederhana dan tidak memakan banyak biaya.

Undangan pernikahan dengan tema buku biasanya menggunakan jenis kertas yang lebih tebal. Bahkan beberapa diantaranya mengenakan karton. Hal ini sangat menguntungkan karena bisa mengurangi kemungkinan undangan terlipat, ataupun rusak ketika disampaikan kepada tamu undangan. Dengan budget yang bisa dibilang affordable, desain undangan pernikahan yang satu ini sangat menguntungkan bagi Anda.

Undangan pernikahan sebaiknya disebar maksimal sebulan sebelum hari H pernikahan. Hal ini untuk memberikan cukup waktu bagi tamu undangan agar dapat mengosongkan atau mengatur jadwal untuk datang ke penrikahan Anda. Undangan yang baik adalah undangan yang jelas, baik penulisan nama, tempat, maupun waktu.

Di Indonesia sendiri, pada umumnya undangan pernikahan hanya selembar kertas berisi informasi pernikahan. Namun, jarang sekali ada lembar RSVP (lembar konfirmasi) kedatangan tamu undangan. Dengan adanya lembar RSVP, Anda bisa mengira-ngira jumlah tamu yang akan datang dan mempersiapkan jumlah package bingkisan.

Sebelum menyebarkan undangan, ada baiknya Anda melakukan listing mengenai siapa saja tamu yang akan diundang. Kemudian, daftar tersebut disalin ke dalam buku tamu sehingga tidak ada orang asing yang bisa masuk ke pernikahan Anda tanpa undangan. Hal ini sangat perlu dilakukan, untuk mengantisipasi membludaknya package di hari H pernikahan.

Itulah tadi berbagai tema desain undangan pernikahan sekaligus tips mempersiapkan undangan pernikahan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!.