Gaun Pengantin Dengan Tema Unik

            Pernikahan haruslah sesuatu yang berkesan. Segala konsep pernikahan, buah tagan, disiapkan dengan penuh pertimbangan. Beberapa orang yang merasa pernikahan dengan gaun putih biasa sudah terlalu mainstream. Alhasil, dibuatlah berbagai gaun unik yang kemudian menjadi ciri khas dan sesuatu yang berbeda dari pernikahan orang lain.

            Jika Anda saat ini tengah mencari inspirasi gaun pernikahan yang unik, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas empat ide gaun pengantin yang unik dan bisa Anda imitasi untuk desain Anda sendiri, selamat membaca!.

Gaun Pengantin Rusia

Tidak banyak orang yang tau mengenai gaun pengantin Rusia.  Di Rusia, pernikahan adalah suatu kegiatan besar yag menghabiskan banyak dana. Orang Rusia senang dengan perayaan yang mewah, bunga, gemerlap lampu megah, dan segala persiapan ala dunia peri (fairytale).

 

Biasanya, penyelenggaraan pernikahan dilakukan pada malam hari di sebuah gedung istana pernikahan. Ada tradisi tersendiri sebelumnya, yakni keluarga yang menikah akan berkeliling kota menggunakan mobil yang sudah dihiasi bunga. Melihat desain konsep acara yang begitu mewah, pasti Anda penasaran dengan gaun apa yang dipakai oleh memperlai wanita, bukan ?.

Gaun pernikahan wanita Rusia yang sangat megah biasanya dibuat dnegan model tutu dress. Hiasan bunga tiga dimensi menghiasi sudut-sudut gaun sehingga benar-benar nampak seperti seorang peri. Warna warna pink, ungu, merah, dan orange mendominasi sehingga penampilan lebih cerah dalam segala suasana.

Begitupun dengan mempelai pria. Tuksedo yang digunakan bermotif bunga, dengan warna yang agak gelap. Meskipun tidak smeua pengantin memakai tuksedo seperti ini, namun ide unik satu ini bisa menjadi inspirasi Anda.

 

Wanita-wanita yang ingin pernikahannya jauh lebih sederhana biasanya memakai gaun bermotif seperti gambar di atas. Mereka mengenakan mahkota bunga, dengan baju yang ceria dan menggambarkan suka cita. Gaun ini sangat cocok jika dipakai dalam konsep pernikahan outdoor.

Gaun Pengantin Tradisional Belanda

            Seringkali kita mendengar ucapan “noni noni Belanda”. Jika mendengar sebutan itu, pasti akan terbayang wanita Belanda mengenakan gaun khas negeri kincir angin itu. Pada dasarnya, Belanda memiliki ciri khas yang unik dalam  model atau desain gaun pengantinnya. Mereka biasanya memakai gaun pengantin dengan sedikit detail yang dilengkapi dengan sarung tangan brokat. Wanita Belanda identik dengan pembawaan anggun bersama properti payung dan topi unik di kepala.

Tak hanya itu, terkadang wanita Belanda juga menyukai desain pleated skirt. Pleated skirt adalah desain rok yang memiliki motif lipatan atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan rok rimpel. Desain yang sederhana, namun unik ini bisa menjadi inspirasi untuk hari bahagia Anda.

Karena wanita Belanda terkenal dengan postur tubuhnya yang tinggi, maka mereka sangat cocok menggunakan dress dengan banyak detail di bagian bawah atau jutru plain dress. Namun jika dibandingkan dengan wanita Indonesia, mungkin jenis gaun Belanda ini harus sedikit dimodifikasi agar bisa beradaptasi dnegan bentuk tubuh wanita Indonesia. Meskipun begitu, desain gaun pengantin Belanda memang sangat cantik dan sederhana dibandingkan desain lainnya.

Gaun Pengantin Ombre

Ombre adalah penggabungan dua warna dalam satu bidang dengan peleburan warna diantaranya. Trend ombre sudah muncul sejak dulu. Bahkan banyak orang yang sudah mewarnai rambutnya dengan teknik ombre sehingga bisa mendapatkan dua warna dalam satu rambut.

Jenis gaun ombre memang agak sulit didapatkan. Biasanya, gaun-gaun ombre dibuat atas permintaan custom dengan biaya yang bisa dibilang cukup mahal. Namun, apalah artinya uang jika itu untuk mempersiapkan hari terbaik sepanjang sejarah kehidupan Anda, bukan ?.

Gaun ombre yang pertama ini memadukan warna hitam dan putih secara vertikal. One off shouder sebenarnya tidak berpengaruh banyak karena gradasi nampak secara vertikal, bukan diagonal. Jika konsep pernikahan Anda adalah pernikahan di malam hari yang elegan dan privat, mungkin gaun ini akan sangat cocok untuk menjadi inspirasi Anda.

Gaun ombre yang kedua memadukan warna putih, orange, ungu muda, dan ungu tua. Warna shocking seperti ini sangat cocok digunakan di siang hari.Model gaun ombre yang satu ini cocok untuk pernikahan di luar ruangan di siang hari. Anda akan tampak seperti seorang putri dan pangeran yang menikah di bawah hangatnya matahari.

Gaun ombre satu ini sangat unik. Ia hanya memadukan warna putih dan biru, namun bisa memberikan kesan sassy kepada yang melihat. Desain konsep acara pernikahan ini adalah pernikahan di gurun. Gaun ini mewakili kesederhanaan pemakainya dan sesuai dengan lokasi pernikahan. Jika di Indonesia, mungkin gaun ini lebih cocok digunakan untuk gaun pesta ulang tahun.

Yang terakhir adalah gaun ombre putih dan ungu. Gaun satu ini cocok untuk berbagai kegiatan. Modelnya mirip sekali dengan prom dress. Anda bisa mengimitasi model serta warnanya untuk penampilan yang sederhana, namun tetap dapat menarik perhatian orang di sekeliling Anda.

Gaun Pengantin Tradisional Jepang

            Jepang sangat terkenal dengan baju tradisionalnya yakni kimono. Banyak sekali jenis kimono yang ada di Jepang. Yang pertama adalah Yukata, atau kimono musim panas. Yukata sering dipakai pada pemuda untuk menghadiri festival di musim panas. Terbuat dari bahan katun tipis yang sejuk dan nyaman. Yang kedua adalah Furisode, yakni kimono yang diberikan ketika seorang anak menginjak usia 20 tahun. Yang ketiga adalah homongi, yakni kimono yang digunakan oleh wanita yang telah menikah.

Selanjutnya adalah tomisode, yakni kimono yang digunakan wanita yang sudah menikah untuk menghadiri acara penting seperti pernikahan saudaranya. Kimono ini hanya memiliki satu warna yakni warna hitam. Yang terakhir adalah Uchikake. Uchikake adalah sebuah kimono yang benar-benar dipakai oleh seorang wanita dalam upacara pernikahan.

Uchikake biasanya memiliki desain yang cukup berat, namun sangat cantik, unik, dan elegan. Jenis kimono ini sangat mahal, bahkan lebih mahal dari membeli gaun pada umumya. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa uchikake dalam pernikahan mereka.

Uchikake memiliki dua jenis. Yang pertama adalah uchikake berwarna putih polos, dan uchikake bermotif. Anda bebas memilih kimono mana yang lebih Anda suka. Namun jika ingin mengadakan perayaan pernikahan yang lebih megah di siang hari, rasanya uchikake yang bermotif cerah akan lebih cocok.

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai berbagai baju pengantin yang unik dan bisa menjadi inspirasi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya !.