4 Hal Yang Perlu Dipelajari Sebelum Menikah

Sebelum menuju kehidupan berumah tangga, setiap orang tentu akan menjalani proses pernikahan terlebih dahulu. Sebelum menuju kehidupan yang baru tentu salah satu calon mempelai yaitu wanita perlu memulai belajar berbagai hal mengenai urusan rumah tangga.

hal yang harus dipelajari sebelum menikah

Hal ini perlu dilakukan jauh hari agar kelak pasangan tidak mencap sebagai istri yang tidak becus dalam mengurus rumah tangga. Jangan sampai hal itu terjadi. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipelajari sebelum menikah.

1. Belajar berpenampilan menarik

Biasanya setelah menikah para suami sudah tidak begitu memerhatikan penampilan istrinya. Bisa jadi suami lebih banyak sibuk diluar karena banyaknya tugas di tempat kerjanya. Jika anda ingin membahagiakan calon suami anda kelak maka belajarlah untuk belajar berpenampilan cantik mulai dari yang dasar dulu. Belajar bermake up terlebih dahulu lalu lanjut ke belajar memilih pakaian yang menarik dan elegan.

2. Belajar mendengar

Hal ini mungkin terdengar remeh dan sepele, namun belajar mendengarkan pasangan bicara menjadi sesuatu yang penting. Anda bisa membayangkan sendiri jika anda sedang berbicara serius tapi lawan bicara tidak mendengar bahkan acuh, tentu hal ini akan menjengkelkan dan membuat sakit hati. Jika sebelum menikah saja sudah tidak mendengar curahan hati dari pasangan maka kelak komunikasi dalam berumah tangga tidak akan berjalan lancar. Maka sedari dini mulailah berlajar berkomunikasi dengan baik. Latih diri untuk menatap mata dan menyimak setiap kata yang keluar dari pasangan.

3. Belajar memasak

Di era sekarang ini banyak wanita yang tidak bisa memasak. Kebanyakan mereka lebih suka membeli makanan praktis diluar. Rumah tangga tentu tidak bisa lepas dari kebutuhan akan makan. Tidak selamanya makanan harus beli ke luar. Anda bisa bayangkan jika calon suami anda kelak pulang kerja dengan capek dan tidak ada makanan yang tersedia di meja, tentu ia akan merasa kelaparan dan kecewa. Bisa jadi suami mengarapkan jamuan dari istri untuk menyajikan makanan yang lezat. Nahh agar itu tidak terjadi kelak maka mulai sejak awal mulai belajar memasak dengan mengikut kursus atau belajar sendiri lewat internet. Ada orang yang berkata bahwa pria harus dipuaskan perutnya.

4. Belajar mengatur keuangan

Setelah menikah tentu yang biasa mengurus keuangan adalah wanita. Bagaimana jika menjadi istri kelak tidak mampu mengurus masalah finansial?. Tentu sikap pemborosan akan terjadi. Dia tidak akan tahu pengeluaran mana yang harus diprioritaskan. Belum lagi pengaturan mengenai biaya-biaya lain seperti listrik, pajak dan lainnya. Oleh karena itu, mulai dari awal belajarlah untuk mengatur keuangan melalui buku atau mengikuti kursus khusus finansial.

Demikian sedikit ulasan mengenai hal ayng harus diperlajari sebelum menikah. Anda juga bisa belajar dari orang yang sudah menikah dan menjalani kehidupan berumah tangga.

Leave a Reply