Biaya Nikah Mahal Di Jakarta? Ikuti Tips Ini Agar Lebih Hemat

Apakah kamu saat ini sedang mempersiapkan acara pernikahan di jakarta? Bingung dengan dana yang terbatas? Ingin banget menyelenggarakan pesta yang menarik tapi dengan biaya yang murah? Era sekarang ini bukan lagi waktunya untuk bingung mengenai permasalahan anggaran biaya nikah yang membengkak. Dengan sedikit kreativitas maka biaya bisa dipangkas ssemaksimal mungkin. Lalu bagaimana mengadakan pesta dengan biaya yang minim jika ada di jakarta?

Tenang…. meski tinggal di Jakarta, kerap kali banyak orang mengatakan mustahil untuk mengadakanpesta yang murah. Ini bisa benar jika anda sepenuhnya menyerahkan semua urusan kepada jasa WO yang jelas-jelas akan mematok dana yang banyak. Bisa-bisa akan menghabiskan dana hingga ratusan juta tergantung desain dekorasi dan tamu yang diundang. Tidak sebatas itu saja, masih ada hal lain mengenai pernikahan yang juga mengeluarkan dana.

Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan dana yang keluar. Tips-tips berikut mungkin bisa membantu anda yang mengalami persoalan ini. Memang kemungkinan standar dari segala sudut akan berkurang, namun hal ini lebih baik daripada membuang dana secara percuma.

1. Akad

akad murah di KUA

Hal pertama yang perlu diperhitungkan adalah akad. Kebanyakan orang memakan biaya tinggi untuk akad nikah, sampai-sampai acara layaknya pesta. Padahal acara ijab qabul ini hanya berlangsung beberapa menit saja. Esensi dari akad ini sebenarnya adalah sah sebagai suami istri. Biar biaya tidak membengkak, alangkah baiknya akad dilaksanakan di KUA. Pemerintah sendiri sudah menginfokan bahwa biaya pelaksanaan GRATIS. Dari sini saja anda sudah memangkas pengeluaran dana yang lebih dan anda sudah dibantu oleh negara.

2. Katering

katering murah

Katering menjadi hal yang penting dalam pesta karena kesan dari tamu yang datang biasanya tertuju pada makanan yang disajikan. Memilih katering memang tidak bisa semabarangan, anda perlu memilih yang tepat. Namun kerap kali kateraing yang enak itu memakan biaya yang sangat banyak. Belum lagi paket yang ditawarkan mempunyai level tersendiri. Biasanya yang paling murah saja bisa menghabiskan 30 ribu per orang. Jika 500 orang saja sudah mencapai 30 jutaan. Mungkin ini terkesan berat bagi yang mempunyai dana minim. Nah solusi yang bisa membantu adalah memasak sendiri dengan dibantu tetangga datau saudara. Cara ini tentu bisa menghemat biaya.

3. Undangan

undangan online murah

Barangkali anda pernah mendapat udangan dari teman anda yang terlihat unik dan menarik? Anda pasti berpikir undangan seperti itu pasti mahal. Memang benar bahwa desain yang rumitlah yang membuat undangan semakin mahal. Anda tentu tidak ingin mengeluarkan banyak uang kan….terlebih undangan hanya dilihat sekilas saja oleh para tamu. Alternatif yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan internet. Disana anda akan menemukan desain yang beervariasi dan bisa dimodifikasi. Bahkan ada yang lebih simple lagi yaitu dengan memanfaatkan situ undangan online gratis.

4. Resepsi

resepsi murah di jakarta

Mengenai resepsi ini tentu berkaitan dengan gedung yang disewa. Sudah menjadi hal yang wajar jika di Jakarta sewa gedung cukup mahal. Belum lagi dibebani dengan biaya dekorasi, sound system dan lainnya. Jika merasa berat untuk menyewa, tinggal manfaatkan rumah sendiri. Jika luas rumah terlihat kecil bisa meminta bantuan tetangga dekat yang halaman rumahnya luas, tentu dengan meminta ijin terlebih dahulu. Dengan cara seperti ini biaya akan lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan dana untuk sewa.

5. Dokumentasi dan dekorasi

dokumentasi pernikahan murah

Dokumentasi bisa dibilang sesuatu yang wajib ada di setiap pernikahan. Setiap pasangan tentu ingin mengabadikan momen spesialnya. Terkadang dokumentasi ini memakan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi jika fotografer yang disewa memiliki reputasi yang baik. Nahh solusinya adalah anda bisa meminta bantuan teman yang mempunyai hobi foto. Biasanya dengan teman sendiri bisa lebih hemat karena kita bisa nego untuk harga.

Dokumentasi erat kaitannya dengan dekorasi. Nahh bagi ini juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Biasanya dekorasi yang bermacam-macam akan menghabiskan uang yang banyak. Nahh agar lebih murah, bisa menggunakan dekorasi sederhana saja mungkin dengan rangkaian bunga atau yang lainnya. Jika bingung mengenai dekorasi pernikahan yang sederhana bisa mencari referensi dari internet atau majalah.

6. Souvenir

souvenir pernikahan mug murah

Setelah semua perlengkapan sudah beres, tinggal yang terakhir yaitu souvenir. Souvenir ini bisa dikatakan wajib ada karena ini sebagai bentuk tanda terima kasih kepada tamu yang sudah hadir di pesta pernikahan anda. Terkadang souvenir ini dianggap hal yang biasa-biasa saja sehingga membuat para pasangan ingin memberikan sesuatu yang menarik bagi tamu pesta. Nah souvenir yang unik dan menarik tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit. Hal ini tentu akan memberatkan anda jika punya anggaran yang minim. Solusinya adalah berikan souvenir kipas atau mug. Biasanya barang-barang tersebut masih cukup murah berkisar 3-5 ribu rupiah.

Itulah beberapa tips singkat yang bisa anda coba saat akan mengadakan pernikahan kelak. Jakarta memang dikenal serba mahal namun bukanlah tindak mungkin untuk menggelar pesta pernikahan yang murah, asalkan ada kemauan dan kreativitas. Buang jauh-jauh rasa gengsi, yang terpebnting adalah khusyuknya acara.

Leave a Reply