7 Isi Seserahan Pernikahan Untuk Wanita Yang Paling Berkesan

Seserahan adalah simbolisasi dari pihak pengantin pria sebagai wujud tanggungjawab kepada pihak pengantin perempuan, khususnya orang tuanya. Pada umumnya, calon pengantin wanita juga akan memberikan seserahan balasan atau biasa disebut dengan angsul-angsul sebagai pengikat tanda kasih. Calon pengantin pria akan memberikan tray dalam jumlah ganjil untuk sang calon pengantin wanita. Bagi anda yang ingin memberikan seserahan, ada baiknya anda simak deretan isi seserahan pernikahan untuk wanita berikut ini.

Isi Seserahan Pernikahan Untuk Wanita

Berikut ini adalah deretan isi seserahan pernikahan untuk wanita selengkapnya.

1. Alat sholat

Alat sholat adalah salah satu isi seserahan pernikahan umat muslim. Untuk pasangan muslim, alat sholat adalah simbol bahwa hubungan rumah tangga kedua suami istri haruslah selalu berpegang teguh pada agama. Seserahan pernikahan berupa alat sholat ini bisa dijadikan sebagai simbol pengingat suami istri kepada Tuhan. Biasanya isi seserahan pernikahan ini antara lain mukena, tasbih, sajadah, dan Al Quran.

2. Perhiasan

Isi seserahan pernikahan selanjutnya ialah perhiasan. Perhiasan ini bisa berupa cincin, liontin, kalung, anting, atau gelang untuk calon pengantin wanita. Mengenai jumlahnya, perhiasan ini bisa disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria. Supaya pesan tersampaikan, perhiasan ini harus berkilau dan bersinar. Ada baiknya pilih perhiasan yang terbuat dari emas, ataupun berlian apabila mampu.

3. Bahan pakaian

Bisa juga anda memberikan seserahan pernikahan berupa bahan pakaian. Anda bisa memberikan satu set bahan pakaian kepada calon pengantin wanita. Bahan pakaian ini memiliki arti bahwa anda dan pasangan harus bisa menyimpan rahasia rumah tangga secara baik. Adapun bahan pakaian tersebut umumnya ialah bahan brokat kebaya dan kain tradisional, seperti batik maupun songket untuk bawahan. Untuk anda yang ingin memberikan seserahan pernikahan berupa songket, ada baiknya kain songket tidak dilipat. Anda bisa menggulung kain songket supaya merusak kualitas kain.

4. Makanan tradisional

Seserahan pernikahan berupa makanan tradisional ini umumnya menggunakan jenis makanan dari beras ketan, seperti halnya kue lapis, wajik, jenang, atau bisa juga jadah. Jenis makanan tradisional ini memiliki makna supaya cinta kedua calon pengantin bisa selalu lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang sesudah dimasak akan menjadi lengket.

5. Make Up

Make up atau peralatan rias menyimpan maksud tertentu supaya pengantin wanita selalu menjaga penampilan, khususnya di depan suaminya kelak. Di samping itu, seserahan pernikahan ini juga berarti pengantin pria sudah bersedia menyediakan perawatan tubuh serta makeup bagi calon istrinya. Pada umumnya, selain peralatan rias, isi seserahan pernikahan ini juga mencakup sabun, body lotion, shampoo, body scrub, masker, serta semua perangkat perawatan tubuh yang umum digunakan oleh calon pengantin wanita.

6. Tas

Seserahan tas bermakna bahwa calon mempelai pria nantinya mampu untuk membiayai semua keperluan calon istrinya, tak terkecuali aksesoris seperti halnya tas. Dalam penataan tas pada kotak seserahan pernikahan, ada baiknya di dalam isi tas diberikan kertas tisu ataupun koran. Dengan begitu, tas bisa berdiri secara tegak sehingga penataan akan terlihat rapi dan menarik.

7. Sepatu

Daftar isi seserahan pernikahan selanjutnya ialah sepatu. Sepatu ini memiliki makna tertentu, yakni supaya kedua mempelai siap untuk menjalani satu kehidupan barunya. Tak hanya itu, kedua mempelai diharapkan bisa selalu berada di jalan yang lurus serta menjaga hubungan pernikahan selamanya. Sepatu ini bisa diletakkan berdampingan denga tas.