Mengenal Lebih Dekat 5 Jenis Kebaya Di Indonesia

Selain batik, kebaya adalah salah satu baju khas Indonesia yang namanya semakin mendunia. Kebaya mencerminkan sifat wanita yang anggun dan elegan. Kebaya ini bisa digunakan untuk menghadiri segala acara, mulai dari formal, semi formal, hingga casual. Model kebaya di Indonesia itu sendiri dihadirkan dalam beragam jenis. Tiap jenis kebaya tersebut memiliki karakteristik dan daya tarik tersendiri. Untuk anda yang mulai penasaran, ada baiknya anda simak jenis kebaya di Indonesia yang kami bagikan berikut ini.

Jenis Kebaya di Indonesia

Berikut ini adalah jenis kebaya di Indonesia selengkapnya untuk anda.

Kebaya Jawa

Salah satu jenis kebaya di Indonesia adalah kebaya Jawa. Kebaya ini mempunyai ciri khas dengan model kerah yang berbentuk huruf V (V-neck). Selain itu, kebaya Jawa ini menggunakan motif yang sederhana. Kebaya Jawa ini hadir dengan kain yang tipis dan transparan bermotif. Kebaya ini pun dilengkapi dengan dalaman yang dikombinasikan bersama kain bagian luar. Jenis kebaya Jawa ini sudah sangat dikenal orang Indonesia.

Kebaya Kartini

Jenis kebaya Indonesia selanjutnya ialah kebaya Kartini. Dinamakan kebaya Kartini bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan kebaya ini dulunya digunakan oleh para wanita ningrat pada zaman Raden Ajeng Kartini. Dengan begitu, kebaya ini identik dengan nama R.A. Kartini yang membuatnya dinamakan kebaya Kartini. Dilihat sekilas, kebaya Kartini ini memiliki potongan yang mirip dengan kebaya Encim. Adapun hal yang menjadi pembedanya hanyalah lipatan pada bagian dada. Disamping itu, kebaya Kartini masih memiliki ciri khas lain, yakni panjang kebaya yang menutup panggul. Tak hanya itu, kebaya Kartini ini juga memiliki lipatan kerah dengan bentuk garis vertikal. Dengan model ini, kebaya Kartini mampu menampilkan kesan tinggi dan ramping pada penggunanya.

Kebaya Encim

Telah disebutkan di atas, kebaya Encim hampir mirip dengan kebaya Kartini. Kebaya Encim itu sendiri adalah kombinasi antara kebaya khas Melayu dengan baju Shanghai khas China. Mengenai modelnya, jenis kebaya Encim ini mempunyai kerah berbentuk huruf V (V-neck). Kebaya ini dibalut dengan hiasan bordir sampai bagian bawahnya. Pada umumnya, kebaya Encim ini dibuat dari bahan kain katun atau bahan organdi. Kebaya Encim ini sangat sesuai untuk menghadiri acara wisuda kelulusan.

Kebaya Bali

Di Indonesia juga terdapat kebaya Bali. Salah satu jenis kebaya Indonesia ini mempunyai karakteristik yang khas pada bagian pinggangnya. Di bagian pinggangnya, kebaya Bali telah dilengkapi dengan obi. Obi ini melilit di bagian pinggang yang seringkali juga disemati bross berukuran besar. Perihal bahannya, kebaya Bali dibuat dari bahan brokat dan bahan katun berkualitas. Kebaya Bali ini adalah salah satu jenis kebaya yang banyak diminati karena modis dan cantik.

Kebaya Kutu Baru

Jenis kebaya Indonesia lainnya ialah kebaya Kutu Baru. Pada dasarnya, kebaya Kutu Baru ini memiliki bentuk atau model yang sama dengan jenis kebaya Indonesia lainnya. Hanya saja, pada kebaya Kutu Baru ini terdapat tambahan kain. Kain ini digunakan untuk menghubungkan sisi kiri serta kanan kebaya. Kain ini didesain pada bagian dada dan perut. Pada umumnya, dalam penggunaan jenis kebaya Kutu Baru ini ditambahkan stagen. Stagen itu sendiri adalah kain yang dililitkan pada perut. Selain stagen, banyak juga wanita yang menggunakan kebaya Kutu Baru dengan tambahan korset. Hal ini dilakukan supaya pemakaianya terlihat lebih langsing.