Kebaya Merupakan Baju Khas Negara Indonesia

Kebaya merupakan baju khas negara indonesia yang juga sebagai warisan berharga dari nenek moyang. Bahkan kebaya sendiri tidak dimiliki oleh negara lain, akan tetapi kehadirannya mampu diterima dalam taraf internasional. jika dahulu kebaya hanya dikenakan pada acara tertentu saja, seperti peringatan hari kartini dan even penting lainnya.

Untuk saat ini mayoritas masyarakat Indonesia, telah menggunakan kebaya untuk acara pernikahan. Hal ini menunjukkna jika kehadiran dari kebaya telah mampu menjamur, sehingga penggunaannya tidak harus menunggu even – even tertentu.

Untuk model kebaya pengantin, saat ini terus mengalami perkembangan yang signifikan, bahkan kehadirannya tidak kalah dengan tampilan gaun-gaun mewah. Saat ini juga sangat dominan kehadiran dari kebaya modern, namun yang pasti tampilannya tidak kalah dengan model gaun-gaun luar negeri, tanpa harus menghilangkan segi tradisional serta khas negara Indonesia.

Penggunaan kebaya telah menjamur dalam acara pernikahan, namun baju khas Indonesia ini telah dipolesi dengan berbagai kreatifitas para desainer, agar tampilannya mampu untuk diterima dengan hangat oleh pasar, tanpa harus menghilangkan kostur kekhasan Indonesia. Seperti halnya, kebaya modern dengan sentuhan Eropa, dimana pada bagian roknya dibuat melebar.

Dari tahun ke tahun, kebaya terus mengalami perkembangan agar tampilannya tidak monoton. Pada tahun 2014 sendiri, kebaya pengantin yang tren yaitu kutu baru dan kerah kartini. Dalam pengembangan model tersebut, para desainer saling berusaha untuk menciptakan kebaya dengan tampilan unik, namun tetap mendominasikan tren 2014.

Sejatinya, kebaya-kebaya yang telah dimodifikasi oleh tangan desainer telah mampu menjadi penguasa pangsa pasar, namun tetap tidak menghapus segi tradisionalnya. Sayangnya, untuk tahun 2015 mendatang masih belum terdapat informasi terkait tren apa yang akan diusung oleh para desainer dalam pengembangan kebaya pengantinnya.

Leave a Reply