Kenali Ciri-Ciri Depresi Pada Remaja

 
Masa remaja adalah masa perubahan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa remaja ini bisa menjadi masa yang sangat membahagiakan namun juga bisa menjadi masa yang sangat menyakitkan. Karena masa-masa ini remaja cenderung memiliki sifat yang labil atau moody. Anda akan sering melihat para remaja yang pada suatu waktu akan merasa begitu bahagia, namun di lain waktu ia juga akan menjadi sangat sedih dan terluka.

Masa remaja adalah masa yang sangat rentan dan mudah terpengaruh, karena masa-masa ini para remaja sedang mencari jati diri mereka. Maka tak jarang, jika pada masa-masa ini banyak para remaja yang mengalami depresi dan stress. Dan apabila depresi atau stress yang dialami remaja ini tidak segara diobati, maka dapat menyebabkan gangguan mental/psikologis dan pertumbuhan bagi remaja itu sendiri.

Lalu bagaimana dengan ciri-ciri atau gejala depresi yang dialami oleh remaja? Berikut kami berikan ciri-ciri depresi pada remaja:

1. Merasa sedih, cemas, marah, kuatir, hidup kosong dan tidak berarti.
Para remaja yang sedang depresi akan merasa bahwa hidupnya begitu sangat menyedihkan. Ia akan berpikir bahwa hidup ini kosong dan tidak ada artinya. Ia seperti kehilangan tujuan, kehilangan arah, beranggapan bahwa mimpi itu tidak ada dan semuanya hanyalah omong kosong.

2. Menarik diri dari pergaulan dan lingkungan sosial
Para remaja yang sedang depresi akan lebih senang menyendiri. Ia akan beranggapan bahwa dirinya ini payah, tidak pantas, tidak dihargai dan ia merasa kalau semuanya akan baik-baik saja jika tanpa dirinya.

3. Kehilangan minat

Para remaja yang sedang depresi biasanya akan kehilangan tujuan. Ia seperti sudah tidak memiliki minat untuk hobby dan hal-hal yang biasanya ia sukai. Ia akan menjadi lebih suka menyendiri di kamar dan malas melakukan apapun.

4. Lebih mudah bosan
Para remaja yang depresi juga biasanya lebih mudah bosan dari remaja-remaja lainnya. Anda akan melihat kalau remaja depresi akan dengan mudah tertawa dengan cepat namun tiba-tiba akan suntuk lagi dan merasa bosan lagi.

NEXT >> Kenali Ciri-Ciri Depresi Pada Remaja Part 2

Leave a Reply