Macam-Macam Diet Sehat Terbaru Bagi Wanita

      Memiliki tubuh langsing adalah impian semua wanita. Tentu tidak ada yang mau terus-terusan merasa tidak nyaman karena lipatan perut, atau bertahan karena dibully terus-terusan. Memang seseorang bebas makan apa saja dan bebas menentukan apakah dia ingin gemuk atau kurus. Namun diet tidak hanya sekedar menurunkan bera badan. Diet memperbaiki metabolisme tubuh, dan memperbaiki pola makan seseorang. Karena itulah, banyak orang kurus tetap melakukan diet dan olahraga untuk menjaga tubuh mereka.

      Banyak sekali jenis diet yang beredar di masyarakat. Mulai dari diet yang sehat, diet hanya minum air, hingga diet yang berbahaya bagi kesehatan. Tentu kita tidak ingin kembali gemuk atau malah jatuh sakit pasca diet, bukan ?. Artikel ini akan membahas berbagai macam diet sehat yang terbaru dan ampuh bagi wanita, selamat membaca!.

Diet Mayo

Diet mayo adalah salah satu jenis diet yang sedang marak dilakukan di Indonesia. Diet mayo hanya dilakukan selama 13 hari, namun memiliki efek yang cukup besar terhadap seseorang. Banyak para artis yang sudah membuktikan keampuhan diet ini. Misalnya Fitri Tropica yang berhasil menurunkan 6kg dalam waktu 13 hari saja. Berikut ini adalah rincian menu diet mayo 13 hari.

Pada dasarnya, diet mayo adalah diet untuk tidak mengonsumsi garam dan memperbanyak air putih. Diet mayo harus dilakukan selama 13 hari berturut-turut. Jika khilaf di hari ke-12, maka Anda harus mengulang diet dari awal lagi karena sangat besar kemungkinan untuk menjadi gemuk karena terlena oleh garam-garaman.

Diet mayo hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun. Karena, garam yang harusnya dikonsumsi tubuh, tidak dikonsumsi sehingga tidak ada penahan air dalam tubuh dan sering buang air kecil. Tidak mengonsumsi garam dan kalori yang cukup memang berpotensi merusak metabolisme. Saat ini, keampuhan diet ini memang sudah dibuktikan, namun dalam kesehatan, belum disebutkan apakah diet ini benar-benar aman atau tidak.

Diet Golongan Darah

Golongan darah O dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau, dan protein hewani terutama ikan, udang, cumi-cumi. Sayuran yang berbentuk umbi atau kacang-kacangan lebih baik dihindari karena mengandung banyak lektin untuk menurunkan resiko gangguan pada lambung dan nyeri di sendi-sendi tubuh. Sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga pagi untuk menyegarkan tubuh O yang mudah gemuk. Pengaruh psikologis juga bisa menyebabkan perubahan berat badan, jika seorang O sudah nyaman dengan lingkungannya, maka bukan tidak mungkin ia akan mengalami kenaikan berat badan.

Golongdan darah B memiliki imunitas tinggi dan jarang terserang penyakit. Olahan protein hewani dan berbagai buah-buahan sangat disarankan. Namun lebih baik tidak mengonsumsi hewan secara langsung seperti ayam maupun bebek. Buah alpukat, pear, dan air soda sebaiknya dihindari karena bisa memicu penggumpalan darah dan serangan jantung.Olahraga bagi golongan darah B cenderung lebih fun dan fleksibel misalnya menari, senam lantai, dan sebagainya.

Banyak sumber menyebutkan bahwa golongan darah A seringkali menjadi seorang vegetarian. Konsumsi buah dan sayur sangat baik bagi metabolisme karena makanan yang berlemak sangat cepat memicu potensi naiknya berat badan. Hindari makanan tinggi karbohidrat seperti umbi, kentang, dan nasi putih. Daging ayam dan telur sangat netral terhadap golongan darah A sehingga bisa tetap dikonsumsi selama masa diet. Golongan darah A dianjurkan untuk melakukan kegiatan olahraga santai untuk menjaga kesehatannya.

Lain dari semua golongan darah, pemilik golongan darah AB cenderung lebih fleksibel. Anda hanya perlu menyeimbangkan konsumsi sayur dengan protein hewani. Golongan darah AB memiliki kekebalan tubuh yang cukup baik, namun nyeri sendi dan tulang adalah penyakit yang harus diwaspadai. Caranya dengan melakukan olahraga yang benar-benar rutin atau yoga secara rutin.

Diet 5:2

            Salah satu jenis diet ini sangat populer di Inggris. Pada dasarnya, prinsip diet 5:2 ini mirip dengan puasa senin dan kamis yang dikenal dalam agama islam. Diet 5:2. Aturan dietnya, Anda bisa mengonsumsi apapun selama lima hari, namun harus berpuasa selama dua hari dalam satu minggu. Puasa disini artinya hanya mengonsumsi 500 kalori untuk wanita, dan 600 untuk pria. Diet ini bisa dibilang diet yang tidak terlalu menyiksa dibanding yang lain. Manfaatnya pun sangat terasa, banyak ornag yang mampu menurunkan berat badannya hingga 9 kilogram dalam beberapa bulan.

Diet 5: 2 adalah diet yang membutuhkan waktu. Anda juga harus memperbaiki pola makan di lima hari sebelumnya untuk memperbaiki kualitas diet Anda. Namun, jenis diet ini sangat bagus untuk jangka panjang. Artinya, diet ini bisa menurunkan berat badan, namun tidka menaikkannya kembali. Jadi bagi Anda yang sabar dan ingin hasil yang maksimal, mungkin diet 5:2 akan cocok dengan Anda.

Diet Dukan

Diet dukan adalah sebuah gagasan diet oleh seorang dokter syaraf bernama Dukan asal Perancis. Setelah keberhasilan ini, Dukan kemudian beralih mempelajari gizi dan menjadi dkter gizi. Diet dukan ini bahkan telah dibuktika oleh si cantik Kate Middleton juga Jennifer Lopez sehingga tubuhnya kini ramping dan semampai.

Diet dukan memanfaatkan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk digunakan sebagai sumber energi. Protein dan karbohidrat yang tidak dikonsumsi, atau dibatasi, dapat memaksa tubuh untuk menggunakan lemak sebagai cadangan tenaga sehingga benar-benar mengurangi lemak dalam tubuh. Diet dukan memiliki empat fase, yakni:

  1. Fase serangan:

Seminggu pertama, Anda hanya boleh mengonsumsi protein, hewani maupun nabati. Misalnya telur, ayam, ikan, yoghurt maupun keju. Makanan tersebut harus dimasak dengan cara panggang atau bakar. Sangat dianjurkan untuk meminul air putih 3 liter sehari dan menghindari gula jika ingin minum minuman lain. Diet protein memakan waktu yang cukup lama karena protein dapat membakar 30 persen kalori dalam tubuh sehingga membuat perut kenyang cukup lama namun harus dibarengi dengan vitamin dan mineral karena protein merupakan makanan rendah serat.

  1. Fase Sayuran

Anda mulai mengonsumsi protein dibarengi dnegan sayur sayuran hijau. Sayuran hanya boleh dikonsumsi segar atau direbus saja. Gula dan segala karbohidrat dilarang. Namun oat masih boleh dikonsumsi. Sangat dianjurkan untuk olahraga selama setengah jam sehari. Berat badan yang bisa diturunkan maksimal 1 kg per minggunya.

  1. Fase Konsolidasi

    Dalam fase ini, ketika Anda telah mencapai berat badan yang ideal, ada baiknya untuk memperkenalkan kembali makanan yang tidak Anda konsumsi selama masa diet. Seperti nasi, roti, gandum, dan sebagainya. Lanjutkan kebiasaan makan oat dan olahaga untuk menjaga bentuk tubuh dan berat badan Anda. Sisihkan sehari dalam seminggu untuk hanya mengonsumsi protein saja.

  1. Stabilisasi

Setelah masa diet usai, Anda tetap harus menyisihkan satu hari untuk protein. Jangan lupakan olahraga untuk menjaga berat badan. Sejatinya, olah raga dan protein adalah kunci dari diet dukan ini.

Itulah beberapa ulasan mengenai macam-macam diet sehat bagi wanita.emartikel ini bermanfaat dan membantu Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!.