Memilih Bisnis Online Untuk Wanita Yang Dapat Dikerjakan Sambilan

            Perkembangan teknologi tidak hanya memberikan dampak kepada perkembangan sosial masyarakat, namun juga terhadap perekonomian. Berkembangnya sistem jual beli yang dilakukan secara online memberi peluang bagi siapapun untuk membuka usaha dengan mudah, murah, dan simple. Bisnis online memberikan kemudahan pengenalan produk, perluasan pasar, dan berbagai kemudahan lainnya. Oleh sebab itu, peluang membuka bisnis online sangat besar.

            Bagi para wanita yang sudah berkeluarga, ataupun telah memiliki buah hati, terkadang sudah tidak memiliki waktu untuk bekerja. Sementara itu, kebutuhan juga harus tetap dipenuhi, dan selalu ada keinginan untuk membantu suami secara finansial. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa bisnis online yang bisa dikerjakan wanita tanpa mengganggu kewajiban untuk mengurus rumah tangga, selamat membaca!.

Bisnis Online Kecantikan

Sebagai seorang wanita, tentu kecantikan menjadi salah satu isu yang menarik bagi semua wanita. Semua wanita ingin tampil cantik dan bergaya sesuai dengan zamannya. Fashion dan beauty adalah jenis bisnis yang sangat menjanjikan, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis online kecantikan yang bisa Anda coba.

Retail Kosmetik

Beberapa brand besar biasanya memiliki peluang untuk menjadi reseller. Anda dapat menjadi reseller atau menjual ulang barang-barang atau kosmetik dengan mengambil sedikit keuntungan. Kosmetik yang dijual tidak harus dalam satu brand yang sama, Anda bisa membuka toko online yang menarik dan menjual berbagai kebutuhan wanita.

Saat ini, brand kosmetik lokal sedang naik daun. Trend ini bisa Anda manfaatkan untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen akan kosmetik saat ini. Karena banyaknya toko online kecantikan saat ini, Anda tentu harus memutar otak untuk menciptakan toko online yang menarik dan berbeda dari yang lain.

Jika Anda tertarik dengan kosmetik dan ingin membuat brand sendiri, ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Banyak ibu rumah tangga yang kini telah memiliki brand kosmetik indie lokal. Misalnya Lizzie Para yang merupakan seorang beauty blogger, Zaskia Adya Mecca dengan liprcreamnya, dan masih banyak lagi.

Jasa MUA

            Make up artist atau sering disebut MUA adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Saat ini, banyak ibu rumah tangga yang senang dengan kosmetik, kemudian membuka jasa ini. MUA juga bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan, apalahi di musim wisuda atau perayaan hari tertentu seperti kartini.

Menjadi MUA, bisa Anda awali dnegan memberikan servis gratis kepada orang-orang terdekat. Berlanjut dengan meminta testimoni, upload gambar, dan pengenalan jasa kepada masyarakat. Bisnis ini menjadi penghasilan yang lumayan lho, untuk Anda. Selain menguntungkan, Anda juga bisa menggunakan produk make up Anda untuk orang lain sehingga make up tidak akan kadaluarsa sebelum habis dipakai. Sangat menguntungkan, bukan?.

Bisnis Kuliner Online

Jika Anda adalah tipe ibu rumah tangga yang suka membuat kue dan memasak, jenis bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Jika membuka warung sendiri, Anda harus memasak lauk yang sama setiap harinya dengan jumlah yang cukup banyak. Namun lain halnya dengan bisnis kuliner online. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis kuliner online yang bisa Anda lakukan.

Katering Sahur atau Katering Makan Siang

Manfaatkan momen dimana orang-orang membutuhkan makanan dengan cepat dan praktis. Di bulan ramadhan, banyak sekali mahasiswa rantau, ataupun pekerja rantau yang membutuhkan katering untuk sahur karena malas pergi keluar di pagi hari. Peluang ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Makan siang di kantor juga membutuhkan banyak waktu. Apalagi jika tinggal di kota yang macet seperti Jakarta, atau Surabaya, jalanan akan sangat padat di siang hari. Tawarkan jasa pesan antar katering yang sehat untuk menarik konsumen.

Bakery and Cookies

Menjual roti dan kue bisa dilakukan secara online. Orang-orang senang dengan tampak visual yang cantik, dan menggiurkan. Dibanding pergi ke toko kue dan mengantri, orang orang lebih senang memesan melalui online dengan pedoman gambar cantik yang di display di sosial media. Apalagi di masa menjelang lebaran seperti saat ini, menjual kue kering bisa menjadi peluang pekerjaan sampingan yang menjanjikan lho, Mom!

Bisnis Frozen Food

Bayangkan berapa banyak orang yang senang dengan jenis makanan ini, namun tidak tau bahwa seringkali para pebisnis menggunakan bahan makanan yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Misalnya saja saus dalam cilok, menggunakan pewarna dan micin yang berlebih. Kebanyakan orang lebih percaya dnegan online shop yang dikelola pribadi dibanding makanan yang dijual di pasar atau toko.

Sebagai seorang ibu, tentu makanan sehat adalah sebuah keharusan bagi anak-anak kita. Oleh sebab itu, bisnis frozen food yang sehat dan tidak mengandung kimia akan menjanjikan ke depannya. Agar para ibu tidka perlu bingung memasak ketika tidak punya waktu, dan membiasakan anak untuk tidak mengonsumsi fast food yang tidak sehat terlalu sering.

Bisnis Online Prakarya

            Menjahit, merajut, sulam kristik, adalah keterampilan umum yang biasa dimiliki oleh wanita. Jika Anda memiliki keterampilan tertentu, Anda bisa mengembangkannya melalui bisnis online, lho!. Banyak sekali ibu-ibu yang membuat rajutan, bantal, seprai, hingga mukenah produksi sendiri yang digemari masyarakat. Akan menyenangkan jika Anda bisa mengembangkan hobi menjadi sesuatu yang menghasilkan dan produktif.

Bisnis prakarya dari kain perca adalah salah satu bisnis yang bisa Anda coba. Pemakaian kain sisa, kain flanel, dan manik manik untuk membuat bantal, boneka, maupun dekorasi ruangan akan sangat menarik. Semakin unik barang yang bisa Anda buat, akan semakin tinggi harga yang bisa Anda patok untuk produk. Namun, pastikan juga produk Anda memang layak dijual dan dikonsumsi oleh masyarakat secara luas.

Prakarya yang lain misalnya aksesoris anak atau wanita. Kalung, gelang, atau anting-anting dengan model yang up to date bisa menjadi ide bisnis yang cemerlang. Gunakan kreativitas dan kemampuan Anda untuk menciptakan karya karya unik yang disukai masyarakat. Sayangnya, kebanyakan ibu-ibu kurang up to date dalam mengembangkan model prakarya sehingga seringkali kalah dengan model prakarya yang lebih modern.

Karya lain yang lebih serius misalnya membuat brand Anda sendiri. Bisa berupa fashion, hijab, scarf, topi ataupun yang lainnya. Anda bisa memanfaatkan kreativitas dan selera Anda dalam mengembangkan bisnis. Justru orisinalitas menjadi sesuatu yang menarik bagi masyarakat. Misalnya Anda membuat fashion ibu hamil yang sebenarnya dulu ingin Anda pakai ketika hamil. Anda bisa menggunakan beberapa permasalahan wanita yang pernah Anda alami untuk membuat keunikan karya Anda.

Nah, itulah tadi beberapa jenis bisnis online yang bisa dilakukan secara sambilan oleh para wanita. Semoga artikel ini bermanfaat dan memacu wanita Indonesia untuk berani membuka usahanya sendiri, ya. Sekian dulu artikel kali ini, dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya!.