Menentukan Hijab Yang Cocok Untuk Kebaya

Di Indonesia, kebaya menjadi item wajib yang pasti dipakai seorang wanita. Setiap wanita di Indonesia pasti menggunakan kebaya untuk beberapa kegiatan tertentu seperti wisuda, pesta maupun pernikahan. Berbagai jenis kebaya kini telah di desain sedemikian rupa sesuai dengan perkembangan zaman. Pun sama halnya dengan kebaya hijab.

Semenjak islam terus berkembang pesat di Indonesia, muncul lah kebaya hijab. Kebaya berlengan panjang yang tidak memperlihatkan kulit maupun aurat. Dulu, kebaya hijab hanyah kebaya biasa yang dilengkapi dengan inner atau manset. Namun, kini telah hadir berbagai kebaya yang tidak perlu inner dalam pemakaiannya.

Sejalan dengan perkembangan kebaya, aksesoris yang digunakan juga semakin bervariasi. Jika kebaya pada umumnya dilengkapi dengan konde sebagai aksesoris rambut, kebaya hijab juga dilengkapi dengan hijab dan berbagai pernak pernik aksesoris. Hijab model berlayer layer dan bertumpuk-tumpuk masih menjadi trend.

Tidak semua orang menyukai hijab yang bertumpuk-tumpuk. Salah satu alasannya adalah karena gerah dan berat. Berikut adalah beberapa tips dan tutorial hijab yang simple dan cocok untuk digunakan bersama kebaya.

Tutorial Hijab dan Pashmina untuk Kebaya

            Model hijab terbagi menjadi tiga. Ada jilbab segitiga, persegi, dan juga persegi panjang. Pashmina adalah model jilbab berbentuk persegi panjang. Dalam pemakaian hijab kebaya, Anda bebas menggunakan salah satu model hijab, ataupun dikombinasikan.

Mencari model hijab dan pashmina untuk kebaya memang memiliki tantanga tersendiri. Anda harus pandai pandai mengeksplorasi paduan warna yang cocok, serta bahan kerudung yang sesuai. Model hijab juga harus cocok dengan wajah Anda agar nyaman.

Penggunaan hijab untuk kebaya sangat variatif dan tidak terikat pada model tertentu saja. Mungkin model yang seringkali Anda temui adalah model model hijab yang berlayer atau bertumpuk-tumpuk. Namun, sebenarnya model hijab yang sederhana juga cocok untuk dipadukan dengan kebaya. Setelan kebaya yang sudah memberi kesan berat dan elegant dipadukan dengan hijab yang sederhana akan membuat penampilan Anda tidak terkesan tua dan berat.

Berikut ini adalah contoh hijab untuk kebaya yang dapat Anda coba.

Model Jilbab yang Cocok Untuk Wajah Bulat

Memiliki wajah yang bulat memang banyak mengkhawatirkan kaum wanita. Ada beberapa orang yang kurus, namun memiliki wajah yang bulat. Jika Anda berjilbab, mungkin Anda sering mengeluhkan pipi “tembem” yang semakin terekspos. berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar wajah bulat Anda sedikit tersamarkan ketika memakai jilbab.

  1. Pemilihan bahan. Pilihlah bahan kerudung yang agak kaku, bukan kerudung licin seperti sifon, kain kaos, dan double hycon. Kerudung yang agak kaku seperti ima scarf atau katun jepang dapat membuat penampilan kerudung Anda tidak terlalu menempel pada bentuk wajah. Dengan begitu, bentuk bulat wajah Anda dapat sedikit tersamarkan.
  2. Untuk pemakaian sehari-hari, hindari menggunakan style kerudung yang mengekspos seluruh bagian wajah. Anda dapat mencari berbagai tutorial kerudung dan mencobanya agar tahu style mana yang cocok dengan wajah Anda. Style kerudung seperti turban malah akan membuat pipi Anda tampak lebih besar.
  3. Pakailah kerudung sedikit agak maju untuk menutupi sekitar seperempat bagian pipi. Jangan terlalu maju agar orang lain juga dapat melihat wajah manis Anda.
  4. Pilih warna kerudung yang cocok dengan warna kulit Anda. Pilihan kerudung warna gelap sangat cocok bagi Anda yang berkulit terang, sedangkan untuk Anda yang memiliki kulit agak gelap ada baiknya memakai warna netral atau warna pastel. Hal ini bertujuan agar bentuk wajah Anda tidak terlalu menjadi spotlight dalam penampilan.

Berikut adalah contoh kerudung yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Dua kerudung di bawah ini adalah jilbab untuk pesta. Style yang digunakan memiliki ciri khas yaitu menutupi sebagian pipi sehinga menyamarkan bentuk wajah bulat.

Cara Memakai Jilbab Untuk Kebaya Wisuda yang Simple

Wisuda memang merupakan salah satu kegiatan dimana bayak ornag memilih menggunakan kebaya sebagai outfitnya. Banyak orang yang kurang sreg dengan model kerudung kebaya yang terlalu glamour. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa cara penggunaan hijab simple untuk dipadukan bersama kebaya. Berikut adalah tutorial hijab untuk kebaya wisuda yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

Tutorial hijab yang satu ini sangat simple dan cocok untuk digunakan di hari wisuda Anda. Kesan muda dan ceria sangat ditampakkan. Kerudung yang dipakai pun mudah dicari yakni kerudung segi empat dengan inner. Anda dapat menggunakan kerudung paris yang sangat murah dan tersedia di hampir semua toko jilbab.

Tutorial Hijab Untuk Kebaya Pesta atau Kondangan

            Seolah tidak mau kalah, orang-orang pun datang ke kondangan menggunakan kebaya. Selain untuk menonjolkan penampilan, penggunaan kebaya ke acara undangan juga merupakan salah satu cara untuk menghargai tuan rumah. Penggunaan hijab untuk pesta atau kondangan tentunya berbeda dengan penggunaan hijab wisuda.

Hijab untuk pesta biasanya lebih glamour. Desain simple dengan warna warna dan model elegan menjadi salah satu ciri jilbab untuk kebaya pesta. Berikut ini adalah beberapa tutorial hijab kebaya pesta atau kondangan.

Tutorial hijab di atas menggunakan pashmina. Sesuaikan warna pashmina dengan warna outfit Anda dan jangan lupa tambahkan aksesoris agar penampilan Anda tampak lebih cantik dan menarik.

Model Hijab yang Cocok Untuk Kebaya Akad dan Pengantin

Kebaya akad biasanya identik dengan warna putih, emas, atau silver. Warna warna elegan untuk menunjang suasana sakral pada masa akad nikah. Tidak jarang orang orang mengeluhkan kepala yang agak berat karena model kerudung yang terlalu rapat dan berbelit-belit dengan konde di dalamnya. Tentu saja ini menjadi tidak nyaman dan mengurangi kekhidmatan acara seremonial Anda.

Hijab untuk kebaya akad nikah sebaiknya lebih simple. Bagaimanapun, dalam pemakaian segala outfit, hal penting yang harus diperhatikan adalah kenyamanan. Untuk apa Anda memakai baju yang terlalu glamour jika kenyataannya Anda kurang nyaman. Malah akan menggangu aktivitas Anda dan menjadi sangat melelahkan bukan ?. Pun sama halnya dengan pemakaian kerudung. Pakailah kerudung atau jilbab dengan simple dan aksesoris yang manis agar Anda terlihat sederhana, tetapi juga mewah.

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan hijab simple untuk kebaya akad dan pengantin yang dapat menjadi inspirasi untuk hari spesial Anda.

Setiap kali ingin memakai hijab, jangan lupa siapkan inner dan jarum pentul. Jangan sampai model hijab yang bermacam macam malah membuat rambut Anda terlihat dan menajdi kurang sesuai dengan syariat.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai tips pemakaian hijab wsuda, pesta, maupun akad nikah. Bagaimana ? Apakah Anda sudah mendapat inspirasi untuk style hijab Anda ?. Semoga artikel ini tidak hanya menjadi inspirasi hijab Anda, tetapi juga menjadi salah satu dukungan agar Anda terus istiqomah memakai hijab. Sampai jumpa di artikel selanjutnya !.