Pembuatan Kebaya Membutuhkan Waktu Yang Lama

Kebaya yang sudah banyak dikenal masyarakat indonesia tentunya menjadi salah satu kebanggaa tersendiri khusus bagi masyarakat jawa. Kebaya biasanya kebanyakan banyak digunakan pada saat acara resmi seperti pernikahan, sehingga kebanyakan desainer yang merangcang busana kebaya. Akan tetapi proses pembuatan kebaya tidak mudah seperti yang kita bayangkan terutama pembuatan busana kebaya pengantin.

Pembuatan kebaya penggantin bisa dikatakan sulit, hal ini sudah terbiasa bagi para desainer jika proses pembuatan kebaya memerlukan waktu yang lama karena untuk pemotongan busana kebaya costum-made membutuhkan waktu sekitar 2-5 bulan. Sedangkan untuk model yang lebih rumit akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Kebayakan para desainer mengatakan jika pembuatan kebaya sangat membutuhkan waktu lama kerena pengerjaannya hanya dengan menggunakan tangan seperti menjahit, manik-manik, kristal hingga pengaplikasian bordirnya. Tingkat kesulitan dalam merancang kebaya yaitu cara mensiasati kekuarang tubuh karena model tubuh setiap orang tidak hanya model catwalk.

Seperti dikutip dari desainer lulusan Fashion Schoool di taipe, Ferry Sunato mengatakan , ” Setia tubuh manusia tidak ada yang sempurna terutama bagai para wanita. Ketika memilki tubuh dengan leher yang lebar maka jangan memilih potongan off shoulder. Jika dengan bentuk tubuh yang tidak tinggi atau kecil maka harus ditambah akses dibawah dada agar kelihatan seperti lebih tinggi, didalam istilah mode biasanya disebut juga optical illution,”.

Sedangkan perancang Anne avantie yang sudah 25 tahun berpengalaman didunia fashion juga mengalami kesulitan pada saat merancang kebaya,” kesulitanya terletak pada saat mengolah SDM-nya,” ungkapnya.

Dalam merancang busana seharusnya dapat mengelolah sumber daya manusia dengan baik karena para desainer manapun yang merasa pinter dan kreatif tidak akan sukses jika tidak dapat mengolah SDM-nya. Memang dalam pembuatan kebaya pengantin membutuhkan waktu yang lama karena dalam penyatuan rancangan membutuhkah sumber daya manusia yang baik, mulai dari pemilihan bahan yang akan dibuat, siluet yang akan ditampilkan,improvisasi dan reka pola kebaya yang sangat sulit.

Leave a Reply