Perbedaan Kebaya Tradisional Dan Modern Yang Wajib Anda Ketahui

Kebaya merupakan salah satu busana yang tak pernah ketinggalan zaman. Hal ini dikarenakan kebaya selalu mengikuti mode dan tren fashion tiap tahunnya. Minat akan kebaya pun kian meningkat. Tak hanya orang dewasa saja, kebaya kini juga banyak dipilih remaja dan anak-anak. Tanpa meninggalkan kesan anggun, kebaya hadir dalam dua tipe, yakni kebaya tradisional dan modern. Saat anda hendak memilih kebaya, ada baiknya anda mengetahui perbedaan kebaya tradisional dan modern tersebut.

Ada berbagai hal yang bisa anda perhatikan dalam membedakan kebaya tradisional dan modern. Adapun hal pembeda tersebut ialah model, warna, hingga motif. Namun, perlu untuk anda ingat, baik kebaya tradisional maupun kebaya modern sama-sama bisa digunakan untuk menghadiri berbagai acara, mulai dari acara formal, semi formal, hingga santai. Untuk anda yang ingin mengetahui perbedaan kebaya tradisional dan modern, ada baiknya anda simak info lengkapnya berikut ini.

Perbedaan Kebaya Tradisional dan Modern

Berikut ini adalah perbedaan kebaya tradisional dan modern selengkapnya untuk anda.

Kebaya Tradisional

Penggunaan kebaya tradisional umumnya terpaku pada kain wiru, selendang, stagen, selop, serta sanggul. Kebaya memang dianggap sebagai pakaian tradisional perempuan Indonesia sejak abad ke-15. Pada zaman tersebut, kebaya menjadi pakaian sakral yang hanya dikenakan oleh keluarga keraton atau keturunan bangsawan Jawa. Model kebaya tradisional bisa anda lihat pada model kebaya Jawa dan kebaya Kartini.

Kebaya Jawa merupakan jenis kebaya pertama di Indonesia. Kebaya ini memiliki ciri khas dengan kerah berbentuk V. Motif kebaya ini sangat sederhana dengan kain tipis yang transparan. Kain tersebut bermotif dengan dalaman yang dipadupadankan dengan kain bagian luar.

Lain halnya dengan kebaya Kartini. Kebaya ini dulunya dikenakan oleh perempuan ningrat ketika era R.A Kartini. Kebaya ini memiliki lipatan di bagian dada. Model kebaya ini memiliki panjang kebaya yang menutup panggul serta lipatan kerah dengan bentuk garis vertical. Saat menggunakan model kebaya ini, anda akan terlihat tinggi dan ramping.

Kebaya Modern

Model kebaya modern tentu saja lebih kekinian dan elegan dengan desain yang begitu variatif dan dinamis. Kebaya modern terbuat dari berbagai bahan, seperti sutera, katun tipis, semi-transparan nilon, polyester, dan masih banyak lagi lainnya. Model kebaya ini dihiasi dengan bordir brokat dan pola bunga. Adapun ciri khas lain dari kebaya modern ialah terkesan simple, penuh permainan warna, dan bebas berkreasi.

Salah satu jenis kebaya yang mencerminkan kebaya modern ialah kebaya encim. Kebaya encim ini adalah perpaduan antara baju Shanghai khas China serta kebaya khas Melayu. Kebaya encim ini mempunyai model dengan kerah berbentuk V. Model kebaya ini berhiaskan bordiran sampai bawah. Pada umumnya, kebaya encim selalu menggunakan bahan kain katun atau bahan organdi. Kebaya encim ini lebih sering digunakan pada acara wisuda.

Selain kebaya encim, ada juga kebaya kutu baru. Model kebaya ini juga sering dibalut dengan kesan modern. Pada dasarnya, jenis kebaya kutu baru ini sama dengan model kebaya lainnya. Akan tetapi yang membedakan ialah kebaya jenis ini mempunyai tambahan kain di bagian tengah. Kain tersebut menghubungkan sisi kiri serta sisi kanan pada bagian dada dan perut. Meski model tersebut membuatnya terlihat sangat tradisional, namun kebaya kutu baru banyak juga yang menerapkan motif dan warna kekinian yang mampu memberi kesan modern.

toko kebaya murah

kebaya casual