Persiapan Pernikahan Bagi Wanita Sibuk

Menikah memang sudah menjadi tujuan hampir setiap orang ketika usianya sudah menginjak dewasa. Melalui pernikahan, Anda akan berjanji mengikatkan segala jiwa dan raga Anda bersama orang lain secara sah di mata hukum dan agama. Pernikahan tidak hanya membutuhkan kesiapan mental, tetapi juga fisik untuk mempersiapkan segala rangkaian acara pernikahan. Mulai dari mempersiapkan undangan, tema, souvenir, mahar, sewa gedung, gaun, dokumentasi, bahkan hingga bulan madu.

Saat ini memang telah hadir berbagai wedding organizer untuk membantu Anda mempersiapkan pernikahan. Sayangnya, menyewa wedding organizer biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Terkadang, wedding organizer juga banyak menyita waktu dengan telepon dan segala fitting yang bisa membuat Anda semakin pusing memikirkan pernikahan. Jika Anda adalah wanita yang sibuk, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai cara-cara mempersiapkan pernikahan Anda.

Sebelum mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan, ada baiknya Anda dan calon suami menganggarkan terlebih dahulu budget untuk setiap kebutuhan. Hal ini agar Anda dapat memperkirakan estimasi dana yang dibutuhkan, dan membatasi pemilihan berbagai kebutuhan pernikahan Anda.

Persiapan Undangan Pernikahan

                Setelah kedua pihak menyetujui tanggal pernikahan, ada baiknya Anda segera menentukan vendor percetakan. Usahakan untuk tidak menunda waktu agar undangan tidak terlambat cetak dan mengganggu proses persiapan pernikahan. Anda bisa research di google tentang vendor-vendor percetakan yang bagus di daerah Anda. Carilah percetakan yang memang sudah berpengalaman dan memiliki banyak pilihan layout undangan. Biasanya, percetakan yang sudah berpengalaman dalam mencetak undangan pernikahan, telah memiliki berbagai layout undangan pernikahan dengan harga yang berbeda-beda. Pikirkan juga jumlah tamu undangan agar Anda tidak perlu cetak ulang jika undangan ternyata kurang.

Jika Anda ingin melakukan foto prewedding, Anda perlu menjadwalkan foto terlebih dahulu sebelum memasukkan desain undangan ke percetakan. Hubungi fotografer yang sudah Anda kenal agar waktunya lebih fleksibel. Atau jika Anda tidak punya bayak waktu, Anda dapat melakukannya di studio dan menyerahkan editing sepenuhnya kepada fotografer.

Mempersiapkan Souvenir Pernikahan

Meskipun nampak sepele, namun souvenir pernikahan sangat penting. Anda memberikan souvenir sebagai bentuk terimakasih dan kenang-kenangan kepada tamu undangan yang telah menyempatkan hadir dalam perayaan pernikahan Anda. Souvenir pernikaha tidak harus sesuatu yang mahal atau berupa hiasan. Justru souvenir yang memiliki daya fungsi lebih disarankan.

Untuk menyingkat waktu Anda, carilah grosir souvenir di internet. Pilihlah online shop yang berada tidak jauh dari Anda berada untuk meminimalisir souvenir rusak. Biasanya, grosir souvenir telah mematok harga untu pembelian dalam jumlah ratusan. Anda dapat denga mudah memilih souvenir sesuai dengan budget yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Mencari Sewa Gedung Pernikahan dan Dekorasi  

Memilih gedung pernikahan dan dekorasi memang hal yang paling sulit dalam pernikahan. Ada baiknya, Anda menyepakati dulu dengan pasangan Anda, dekorasi seperti apa yang diinginkan. Persiapan budget juga bisa membuat Anda lebih mudah memilih gedung pernikahan.

Setelah menyepakati, mulailah sempatkan waktu di akhir minggu untuk berburu gedung pernikahan. Anda bisa datang ke beberapa hotel atau persewaan gedung untuk menanyakan harga. Jangan terburu buru menyewa, ambillah beberapa gambar dan ajak pasangan Anda melihat calon gedung pernikahan Anda. Mencari persewaan gedung memang cukup menyita waktu, maka dari itu sebisa mungkin carilah dari jauh-jauh hari, gunakan hari-hari libur Anda untuk berburu gedung sekaligus melakukan quality time bersama pasangan Anda.

Memilih Mahar Pernikahan yang Sesuai

Mahar biasa disebut juga dengan istilah mas kawin. Mahar pernikahan biasanya ditentukan oleh calon istri. Mahar pernikahan sebenarnya tidaklah harus sesuatu yang bernilai jutaan seperti berlian maupun emas. Bahkan sebenarnya, mahar yang terbaik adalah mahar yang tidak memberatkan. Jika Anda memang sibuk dan tidak tahu mahar seperti apa yang Anda inginkan, konsutasikan kepada ibu Anda. Ini adalah salah satu cara paling cepat untuk memutuskan mahar apa yang Anda minta untuk pernikahan nanti.

Atau jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, saat ini telah banyak toko toko handycraft yang menjual berbagai jenis mahar. Ada mahar yang dibuat dari uang kuno, uang koin, kertas yang tersedia di banyak toko dengan berbagai model. Anda tinggal memilih model mana yang Anda inginkan dengan nominal tertentu.

Anda juga bisa memberikan mahar yang unik seperti uang yang telah dikurskan ke mata uang lain seperti dollar ataupun dinar. Jika Anda memiliki uang yang lebih, Anda juga dapat memberikan kunci rumah atau kunci kendaraan seperti mobil sebagai mahar untuk pernikahan Anda.

Mempersiapkan Destinasi Bulan Madu yang Romantis

Inilah fase terakhir dari persiapan pernikahan yang sangat ditunggu tunggu, bulan madu. Setelah hiruk pikuk pernikahan yang mungkin akan dipenuhi dengan stress dan kelelahan, Anda akhirnya dapat bersantai dan menikmati saat saat terindah bersama pasangan sebelum akhirnya harus kembali ke realita. Pemilihan destinasi bulan madu sebenarnya sangat luas. Namun kembali kepada budget yang Anda punya, Anda dapat membatasi dan memilih lokasi mana yang cocok dan affordable untuk menjadi destinasi bulan madu Anda.

Di Indonesia, banyak sekali destinasi bulan madu romantis. Lombok, Bali, Puncak Bogor, Karimunjawa, bahkan pulau samosir bisa menjadi pilihan bagi Anda. Di luar negeri, malah lebih banyak lagi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Namun, terlepas dari semua itu, apakah Anda mempunyai waktu untuk arrange semua penginapan, akomodasi, jadwal dan transportasi di tempat tujuan Anda ?.

Bagi para pasangan sibuk, tentunya agen perjalanan wisata menjadi pilihan yang tepat. Banyak tour and travel yang bisa menjadwalkan trip bulan madu Ada. Anda bisa meminta penjadwalan transportasi akomodasi yang dekat dengan wisata misalnya. Biasanya, tour untuk bulan madu tidak dilengkapi trip yang padat seperti pada umumnya. Anda bebas menentukan waktu dan tempat mana yang ingin dikunjungi.

Agar menambah suasana romantis, Anda juga dapat meminta agen tour and travel untuk menyiapkan beberapa kejutan kecil misalnya ruang kamar yang dihiasi bunga, atau romantic dinner di hotel.

Pada dasarnya, persiapan pernikahan perlu dikonsultasikan satu sama lain oleh sepasang calon suami istri. Jangan sampai salah satu pihak merasa tidak sesuai sehingga menghambat persiapan pernikahan. Baiknya segala kebutuhan pernikahan saling dikomunikasikan agar tidak terjadi salah paham dan salah persepsi sehingga menimbulkan konflik menjelang pernikahan.

Biasanya, orang orang yang akan menikah mengalami stress akibat terlalu banyak pikiran dan konflik yang disebabkan kurangnya komunikasi. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Anda, kan ?. Maka dari itu sebisa mungkin menjaga perasaan satu sama lain dan mencari jalan tengah apabila ada perbedaan pendapat dalam persiapan pernikahan Anda.

Itulah tadi beberapa tips sekaligus ulasan mengenai persiapan pernikaha bagi Anda yang masih disibukkan oleh pekerjaan. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya.