Sekolah Pernikahan Yang Layak Dibaca

Sekolah Pernikahan adalah Tempat Belajar online Bagi Yang Mau Menikah Agar Lebih Paham Mengenai : Mencari Jodoh, Mempersiapkan Pernikahan, Konsep Keluarga, Hubungan Suami Istri, Komunikasi & Emosi Keluarga Muda, Mengatur Keuangan, Mempersiapkan Kehamilan & Mendidik Anak.

Menikah adalah setengah dari keimanan seorang manusia, itulah mengapa pernikahan harus sakral dan sangat penting penting bagi kehidupan di dunia ini. Bukan sekedar ijab kabul lalu tingga berdua, bekerja, punya anak, anak menjadi dewasa, lalu tua dan meninggal. Namun sebuah perjalan hidup yang perlu dipelajari dan meraih prestasi yang tinggi. Diibaratkan untuk masuk kuliah saja, kamu akan belajar jurusan A isinya apasih, nanti kerjanya dimana, kemudian bertanya pada diri sendiri aku cocok nggak kuliah di juruan A. Apalagi ini sebuah pernikahan


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

yang mengandung banyak makna seperti : menyatukan dua keluarga, menyatukan dua kebiasan/ budaya, menghadirkan keturun baru, kerjasama dua individu yang berbeda cara berfikir untuk meraih cita-cita bersama. Yang akan dibahas lebih lanjut dari sumber-sumber terpercaya agar bisa dijadikan pembelajaran.

Mencari Jodoh, 


1. Pastikan kita memiliki niat yang benar (hijapedia.com)

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan sesuai apa yang diniatkan, barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan didapatkan atau wanita yang akan dinikahi maka hijrahnya sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari Muslim)

Coba perhatikan hadist diatas. Jika niat kita benar, maka kita pun akan mendapatkan sesuai dengan apa yang kita niatkan. Jika kita berniat mencari jodoh karena lillahi ta’ala, semata hanya karena Allah, maka Allah pun akan mentaqdirkan kita bertemu dengan seseorang yang memiliki niat yang sama.

2. Teori Burung Merpati dan burung Kenari

Pernah melihat burung merpati? Jika ya, coba perhatikan ketika burung merpati terbang di angkasa.

Burung merpati pasti terbang bersama burung merpati lain nya. Tidak mungkin burung merpati terbang bersama-sama dengan jenis burung lain nya!

Lantas apa hubungan nya dengan jodoh?

Jika anda menginginkan jodoh yang shaleh atau shalehah, maka pastikan dulu bahwa diri anda pantas mendapatkan jodoh yang shaleh dan shalehah? Cara nya bagaimana?

Jika anda menginginkan pasangan anda baik dalam agama nya, maka pastikan anda pun baik agama nya. Shalat nya tepat waktu, setiap hari membaca ayat suci quran, shalat dhuha dan shalat tahajud nya tidak pernah tinggal.

Sudahkah kita memperbaiki ibadah dan akhlak kita? Jangan berharap mendapatkan seorang Imam layaknya Ali ibn Abi Thalib jika engkau tidak berperilaku dan berakhlak seperti Fatimah RA.

3. Taaruf dan kenali dia secara dalam

Setiap orang memiliki hak untuk saling berkenalan satu sama lain sebelum memutuskan untuk menikah. Oleh sebab itu, kenalilah setiap calon pasangan yang mendekati mu atau yang sedang engkau dekati.

al quranPastikan bahwa kita memiliki perasaan nyaman dan yakin bahwa dia adalah pasangan yang kita inginkan.

Hal ini sangat penting sekali. Karena sudah banyak pasangan yang menikah karena terburu-buru, padahal mereka berdua kurang nyaman satu dengan yang lain nya. Akhirnya banyak pernikahan yang kandas karena hal sepele ini.

Oleh sebab itu, pastikan kita mengenali nya secara dalam. Kita mengenali keluarga nya. Dan sangat diperbolehkan jika kita meminta referensi dari teman nya.

Misal : Kita bertanya kepada teman dekat nya. Apakah calon kita ini benar-benar seorang yang shaleh / shalehah? Bagaimana akhlak nya? Bagaimana cara ia memperlakukan kedua orang tua nya? dan seterusnya.

Hal ini kita lakukan agar penilaian yang kita lakukan tidak subjektif atas dasar penilaian kita sendiri. Karena pasti syetan mengganggu kita juga pada masa taaruf ini. Seperti “Sudahlah terima saja. Dia pasti baik orang nya”

Oleh sebab itu berhati-hati lah. Jalani proses nya dengan baik dan tidak terburu-buru.

4. Inilah Senjata utama orang beriman.

Dan apabila hamba hamba KU bertanya kepadamu tentang Aku maka jawablah,bahwasanya Aku adalah dekat Aku mengabulkan permohonan orang orang yang mendo’a apabila ia berdo’a kepada Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” ( QS Al Baqoroh : 186 )

“Mintalah kepada Allah akan kemurahan-Nya, karena sesungguhnya Allah senang apabila dimintai (sesuatu).” (HR Tirmidzi dari Ibnu Mas’ud)

Doa adalah senjata nya orang yang beriman. Setelah kita berikhtiar semampu kita, maka sempurnakanlah ikhtiar ini dengan Doa kepada Allah.

Mintalah kepada Allah baik di pagi hari maupun petang. Di saat lapang maupun sempit. Jangan ragu atau malu meminta sesuatu apapun kepada Allah. Jika bukan kepada Allah, lantas kepada siapa lagi kita memohon pertolongan?

Dan yang terakhir janganlah berputus asa dalam berusaha dan berdoa. Jodoh adalah hal yang gaib, ini merupakan rahasia Allah yang tidak seorang pun dapat mengetahui siapa dan kapan ia akan datang. Oleh karenanya teruslah istiqomah dalam berusaha dan berdoa untuk mendapatkan jodoh yang shaleh dan baik.

Artikel Lain : Agar Cepat Mendapat Jodoh , Kriteria Mencari Pasangan Hidup

Mempersiapkan Pernikahan 


6 Bulan Sebelum Hari-H 
Tetapkan hari dan tanggal PERNIKAHAN (WEDDING DAY)
Tentukan ANGGARAN PERNIKAHAN dan GAYA PERNIKAHAN yang diinginkan
Bikin daftar WEDDING ORGANIZER (WO) jika diperlukan
Bikin daftar FOTOGRAFER PERNIKAHAN (WEDDING PHOTOGRAPHER) dan WEDDING VIDEOGRAPHER segera
Tentukan jumlah tamu yang akan diundang
Pesan tempat, lokasi, gedung untuk resepsi PERNIKAHAN
Cari MOBIL PENGANTIN jika dibutuhkan
Buat daftar tamu-tamu penting, hingga yang biasa
Tentukan pengiring PENGANTIN WANITA, pengiring PENGANTIN PRIA dan pengiring-pengiring lainnya
Temui dan kunjungi DESAINER, tentukan dan pilih GAUN PENGANTIN
Pilih dan pesan CATERING untuk WEDDING-mu
Putuskan tujuan honeymoon, lakukan pemesanan tempat dan transportasi

4-5 Bulan Sebelum Hari-H   
Selesaikan daftar tamu penting hingga biasa
Hubungi pastur / pendeta, tentukan waktu dan tempat pemberkatan (untuk Agama Katolik atau Kristen)
Hubungi Petugas KUA dan perangkat yang diperlukan lainnya (untuk Agama ISLAM)
Pilih dan pesan kartu undangan segera
Tentukan tema warna GAUN PENGANTIN yang akan dikenakan serta bunga-bunga dekorasi
Beritahukan kepada Ibu dan calon mertua agar mereka merencanakan gaun yang akan dikenakan sesuai dengan tema warna yang dipilih
Pilih dan beli/sewa gaun untuk pengiring pengantin wanita
Pilih jas untuk pengantin pria dan pengiringnya
Pilih dan tentukan dekorasi pelaminan / ruang pesta
Pastikan pilihan dan deal dengan WEDDING PHOTOGRAPHER dan VIDEOGRAPHER
Bikin FOTO PRE WEDDING dengan FOTOGRAFER pilihan
Pilih dan pesan kendaraan pengantin dan panitia
Pilih dan pesan kue PENGANTIN
Booking MC dan music pengiring
Pesan CINCIN KAWIN

2-3 Bulan Sebelum Hari-H   
Ambil formulir pendaftaran pernikahan, dan siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan
Lakukan pengecekan kesehatan pra-nikah
Konfirmasikan honeymoon (buat paspor bila perlu)
Hubungi desainer untuk waktu mengepas gaun

6-8 Minggu Sebelum Hari-H   
Tulis dan atur pengiriman undangan
Selesaikan menu makanan dengan pihak catering
Pesan minuman anggur untuk resepsi jika dikehendaki
Siapkan bingkisan untuk para pengiring
Kunjungi penata rambut, putuskan model yang diinginkan. Booking PERIAS PENGANTIN untuk hari pernikahan
Lakukan test make-up dengan PERIAS PERNIKAHAN yang sudah deal
Tentukan musik pengiring pernikahan, konsultasikan dengan MC dan pemain musik

4-5 Minggu Sebelum Hari-H   
Kirim kartu undangan
Ambil pesanan cincin kawin, pastikan grafir inisialnya benar
Pesan traveller cheque/mata uang asing untuk honeymoon

2-3 Minggu Sebelum Hari-H   
Susun jadwal acara pernikahan, gandakan dan berikan masing-masing: keluarga pengantin, para pengiring, panitia, supir, petugas photo dan video
Konfirmasikan jumlah undangan dan hal-hal lain yang diinginkan kepada pengurus gedung dan catering
Konfirmasikan semua pesanan dan detail untuk bunga, sewa kendaraan, photographer, videographer dekorasi, kue, mobil, pemain musik dan lainnya
Mencoba gaun pengantin lengkap dengan aksesorisnya
Periksa ukuran, kenyamanan dan lainnya, bila ada yang harus disempurnakan. Biasakan menggunakan sepatu yang akan digunakan di hari pernikahan agar terasa lebih nyaman
Siapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah baru
Lakukan facial dan lulur ke ahlinya

1 Minggu Sebelum Hari-H   
Bersantailah, yakinkan semuanya akan beres
Berkemas untuk honeymoon, lengkapi dan beli kebutuhan-kebutuhan yang muncul belakangan
Konfirmasikan sekali lagi semua pesanan yang telah dilakukan, sekedar untuk mengingatkan

*NOTE: Waktu WEDDING CHECKLIST TIMELINE diatas bisa sangat fleksibel menyesuaikan kesibukan dan kebutuhan kita saja. Ceklist diatas hanya untuk sekedar panduan semata.

Artikel Lain : 10 Tips Bisa Membantu Persiapan Pernikahan Dengan Sempurna

Konsep Keluarga (dalam Islam)

Keluarga dlm pandangan Islam memiliki nilai yg tdk kecil. Bahkan Islam menaruh perhatian besar terhadap kehidupan keluarga dgn meletakkan kaidah-kaidah yg arif guna memelihara kehidupan keluarga dari ketidakharmonisan dan kehancuran. Kenapa demikian besar perhatian Islam? Karena tdk dapat dipungkiri bahwa keluarga adl batu bata pertama utk membangun istana masyarakat muslim dan merupakan madrasah iman yg diharapkan dapat mencetak generasi-generasi muslim yg mampu meninggikan kalimat Allah di muka bumi

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :
“Sesungguh Iblis meletakkan singgasana di atas air kemudian ia mengirim tentara-tentaranya. mk yg paling dekat di antara mereka dgn iblis adl yg paling besar fitnah yg ditimbulkannya. Datang salah seorang dari mereka seraya berkata: Aku telah melakukan ini dan itu. mk Iblis menjawab: “Engkau belum melakukan apa-apa”. Lalu datang yg lain seraya berkata: “Tidaklah aku meninggalkan dia hingga aku berhasil memisahkan dia dgn istrinya”. mk Iblis pun mendekatkan anak buah tersebut dgn diri dan memuji dgn berkata: “Ya engkaulah”.

Dalam Syarah Shahih Muslim berkata Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan hadits di atas bahwa Iblis bermarkas di lautan dan dari situlah ia mengirim tentara-tentara ke penjuru bumi. Iblis memuji anak buah yg berhasil memisahkan antara suami dgn istri krn kagum dgn apa yg dilakukan dan ia dapat mencapai puncak tujuan yg dikehendaki iblis.

Kita berlindung kepada Allah ta`ala dari kejahatan sihir dan pelakunya!
Pembaca yg semoga dirahmati Allah ta`ala ketahuilah suatu keluarga baru memiliki nilai lbh bila bangunan keluarga itu ditegakkan di atas dasar takwa kepada Allah Ta`ala.

Karena Allah Ta`ala telah menetapkan:
“Kaum pria itu adl pemimpin atas kaum wanita disebabkan Allah telah melebihkan sebagian mereka di atas sebagian yg lain dan krn kaum pria telah membelanjakan harta-harta mereka utk menghidupi wanita”.

Hendak seorang pria menjatuhkan pilihan hidup kepada wanita yg shalihah krn demikian yg dituntunkan oleh Nabi kita yg mulia Muhammad shallallahu alaihi wasallam

Beliau Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda tentang kelebihan wanita yg shalihah:

“Dunia itu adl perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adl wanita shalihah “.

“Ada empat perkara yg termasuk dari kebahagiaan: istri yg shalihah tempat tinggal yg luas tetangga yg shalih dan tunggangan yg nyaman. Dan ada empat perkara yg termasuk dari kesengsaraan: tetangga yg jelek istri yg jelek tunggangan yg jelek dan tempat tinggal yg sempit”.

Beliau Shallallahu ‘alaihi Wasallam mengabarkan:

“Wanita itu dinikahi krn empat perkara yaitu krn harta kedudukan kecantikan dan agamanya. mk pilihlah wanita yg memiliki agama taribat yadaak “.

Masalah agama ini juga harus menjadi pertimbangan seorang wanita ketika ia memutuskan utk menerima pinangan seorang pria krn pria yg shalih ini bila mencintai istri mk ia akan memuliakan namun bila ia tdk mencintai istri mk ia tdk akan menghinakannya. Dan hal ini harus menjadi perhatian wali si wanita krn Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Apabila datang kepada kalian orang yg kalian ridla agama dan akhlak mk nikahkanlah laki2 itu kalau tdk kalian lakukan hal tersebut niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan terjadi kerusakan yg merata”.

Bila tiap muslim memperhatikan dan melaksanakan dgn baik apa yg ditetapkan dan digariskan oleh syariat agama niscaya ia akan mendapatkan kelurusan dan ketenangan dlm hidup termasuk dlm kehidupan berkeluarga. Dan dia benar-benar dapat merasakan tanda kekuasaan Allah ta`ala sebagaimana dlm firman-Nya;

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya Dia menciptakan utk kalian pasangan-pasangan kalian dari diri-diri kalian sendiri agar kalian merasa tenang dgn keberadaaan mereka dan Dia menjadikan di antara kalian rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguh pada yg demikian itu benar-benar terdapat tanda –tanda bagi kaum yg mau berfikir”.

Wallahu ta`ala a`lam bishawwab.

Artikel Lain : Tanya Jawab Persoalan Keluarga
                       Tanya Jawab Seputar Pernikahan


Hubungan Suami Istri (segera diupdate)

Komunikasi & Emosi Keluarga Muda, (segera diupdate)

Mengatur Keuangan,(segera diupdate)

Mempersiapkan Kehamilan (segera diupdate)

Mendidik Anak.(segera diupdate)




INFORMASI PENTING LAIN :

Leave a Reply