Tampil Cantik Dan Menawan Dengan 5 Model Kebaya Indonesia

 

Dari berbagai warisan budaya yang dimiliki Indonesia, kebaya adalah salah satu warisan budaya yang masih bertahan dan tetap digunakan hingga saat ini. Kebaya sendiri masih populer dan digunakan oleh wanita indonesia untuk menghadiri berbagai acara baik itu sebagai busana pesta wisuda maupun sebagai busana pernikahan. Dari berbagai model kebaya yang terdapat di Indonesia, Berikut kami rangkum berbagai model kebaya yang akan membuat anda semakin tampil cantik dan menawan disetiap acara :

 

  1. Kebaya Enchim

Kebaya enchim merupakan model kebaya yang sangat unik dari model kebaya yang lainnya. Kebaya enchim atau kebaya nyonya merupakan hasil asmilasi budaya dengan tionghoa dan merupakan busana khas betawi. Kebaya enchim sangat identik dengan motif-motif bunga khas china seperti peony maupun naga atau burung dan dengan warna kebaya yang sangat kontras seperti  warna kuning dan merah. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kebaya enchim adalah bahan organdi atau bahan katun. Perbedaan kebaya enchim ini dengan kebaya yang lainnya adalah bordiran yang terdapat pada sepanjang kerah v sampai ujung bawah kebaya serta motif dan warnanya yang cenderung kontras. Kebaya enchim biasanya digunakan pada saat pernikahan adat betawi.

  1. Kebaya Jawa

Kebaya Jawa memiliki bentuk desain yang sangat sederhana namun tetap tampak mewah. Kebaya Jawa menggunakan bahan berupa kain transparan yang bermotif dan digabungkan dengan pakaian dalam atas. Model busana kebaya Jawa menggunakan potongan leher v dengan panjang kebaya yang bervariasi mulai sampai pinggul hingga terdapat pula model kebaya yang panjangnya melebihi mata kaki. Kebaya Jawa saat cocok digunakan diberbagai acara baik itu wisuda, pesta, maupun sebagai busana pernikahan.

  1. Kebaya Kartini

Kebaya kartini memiliki model busana kebaya yang begitu khas dibanding kebaya Indonesia lainnya. Mengetahui bahwa sejarah kebaya kartini sendiri muncul di saat era Raden Ajeng Kartini dan biasanya digunakan oleh perempuan – perempuan keturunan bangsawan saat itu . Kebaya kartini memiliki bentuk potongan yang mirip dengan kebaya enchim. Namun, terdapat beberapa hal yang membedakannya yaitu lipatan yang terdapat pada bagian dada kebaya. Selain itu, kebaya kartini memiliki kerah berbentuk v dan panjang kebaya yang sampai menutupi panggul.

  1. Kebaya Kutu Baru

Kebaya kutu baru dapat  disebut dengan sebutan kebaya penyambung kalangan bawah dan atas karena peminat kebaya kutu baru sendiri yang berasal dari berbagai kalangan. Kebaya kutu baru memiliki model busana yang hampir mirip dengan model kebaya yang lainnya. Namun,terdapat perbedaan kebaya kutu baru dengan kebaya-kebaya yang lainnya yaitu adanya kain yang menghubungkan sisi kanan dan kiri kebaya dibagian dada dan perut dsn pemakainnya sendiri biasanya terdapat korset atau stagen yaitu kain yang dililitkan pada perut sehingga pemakainya terlihat semakin langsing. Kebaya kutu baru sangat hits dikalangan anak muda dan biasanya digunakan saat acara wisuda dan pernikahan.

  1. Kebaya Bali

Kebaya bali memiliki tampilan simple dan elegan yang sangat cocok sebagai pilihan busana kebaya dalam berbagai acara. Kebaya bali sendiri masih kembali populer dan menjadi trend busana kebaya 2018. Bahan yang digunakan oleh  kebaya bali sendiri adalah brokat dan kain katun. Kebaya bali memiliki perbedaan dengan model kebaya Indonesia yang lainnya yaitu adanya obi berupa kain yang melilit daerah pinggang yang dapat dilepas pasang pada kebaya. Kebaya bali dapat menjadi pilihan busana yang tepat saat menghadiri acara wisuda.

 

Demikian informasi tentang berbagai model-model kebaya indonesia yang dapat saya sampaikan  dan semoga berbagai model kebaya diatas dapat menjadi inspirasi dan pilihan kebaya bagi anda yang sedang bingung dalam mencari pilihan model kebaya yang tepat untuk menghadiri  berbagai acara penting yang sedang dinantikan.