Tips Memilih Bridesmaid Pernikahan Yang Tepat

Acara pernikahan akan terasa tak lengkap apabila tidak ada bridesmaid yang mengiringi pengantin. Maka dari itu, untuk anda yang ingin melangsungkan pernikahan, ada baiknya anda meminta sahabat untuk dijadikan bridesmaid. Hanya saja, untuk menentukan siapa saja yang menjadi bridesmaid memang tak mudah. Dalam hal ini, anda perlu membaca tips memilih bridesmaid pernikahan yang tepat supaya tidak menimbulkan kesan yang kurang baik.

Dalam memilih bridesmaid, anda akan dilanda perasaan tidak enak atau takut menyinggung perasaan orang lain yang tidak anda pilih. Namun, anda tidak perlu khawatir. Dengan membaca tips memilih bridesmaid yang kami bagikan, anda bisa memilih bridesmaid tanpa takut dihantui perasaan tidak menyenangkan tersebut. Yang jelas, pastikan orang yang ingin anda jadikan bridesmaid mau menerimanya. Jangan sampai terpaksa.

Tips Memilih Bridesmaid

Berikut ini adalah tips memilih bridesmaid pernikahan selengkapnya untuk anda.

Kompak

Dalam memilih bridesmaid, anda harus memperhatikan 2 hal penting. Hal penting yang pertama ialah apakah para bridesmaid yang anda pilih sudah memiliki kekompakan guna bertanggung jawab dalam kelancaran pesta pernikahan anda. Hal penting yang kedua ialah apakah bridesmaid yang anda pilih bisa kompak memberikan masukkan untuk anda ketika memilih gaun pengantin atau ketika memilih sepatu yang akan anda gunakan. Jangan sampai karena adanya perbedaan pendapat menimbulkan konflik yang nantinya membahayakan pesta pernikahan anda.

Kualitas Pertemanan

Lamanya pertemanan yang terjalin memang menjadi hal yang penting. Akan tetapi, kualitas pertemanan juga menjadi aspek yang patut anda pertimbangkan. Apabila kalian berteman sejak kanak-kanak dulu, akan tetapi kalian hanya bertemu satu tahun sekali, bahkan teman anda tersebut tidak begitu mengenal calon suami anda, dia bukanlah bridesmaid yang tepat. Ada baiknya anda memilih teman yang sudah lama anda kenal dan memang hubungan persahabatan kalian sangat berkualitas.

Lingkar Keluarga

Selain teman, anda juga bisa memilih bridesmaid dari lingkar keluarga. Kakak, adik, saudara, sepupu, ataupun kerabat dekat yang siap sedia untuk mendampingi proses persiapan hari bahagia anda juga merupakan kandidat ideal untuk menjadi bridesmaid. Seringkali persiapan pernikahan terhambat karena terjadi masalah internal antar keluarga. Bersama bridesmaids anda ini, segala hal yang sifatnya berkaitan dengan keluarga bisa diatasi dengan mulus. Hal ini dikarenakan mereka sudah paling mengerti kondisi serta karakter keluarga anda. Maka dari itu, tak ada salahnya anda memilih bridesmaid dari lingkar keluarga.

Waktu Fleksibel

Perlu untuk anda pahami, bridesmaid adalah pendamping pengantin yang seharusnya berada di dekat anda menjelang pernikahan. Maka dari itu, pilihlah bridesmaid yang mempunyai waktu fleksibel. Jangan memaksa sahabat yang baru saja melahirkan, ataupun sahabat terdekat anda yang dipromosikan untuk naik jabatan, atau dipindahtugaskan ke luar kota untuk menjadi bridesmaid. Hal ini dikarenakan mereka akan sibuk mengurusi keperluan masing-masing sehingga tidak sempat membantu anda mempersiapkan pernikahan.

Segala Usia

Bridesmaid tidak mengenal usia. Tua dan muda bisa menjadi pendamping yang sempurna. Jika di dalam kebudayaan Barat, ada jenjang pengiring pengantin yang dilihat dari kedewasaannya. Chief of bridesmaid merupakan pengiring yang diberi tugas untuk menjadi ketua, dan belum menikah. Apabila sudah menikah disebut matron of honor. Sedangkan gadis muda yang belum masuk usia nikah disebut dengan junior bridesmaid. Bridesmaid memang tak harus selalu sebaya. Bahkan, anda bisa memberikan kehormatan kepada nenek anda yang masih semangat untuk menjadi bridesmaid.