Tips Mudah Dalam Memilih Tanggal Pernikahan

Pesta pernikahan tentu akan berkaitan dengan tanggal pelaksanaan. Pemilihan tanggal yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Jika sampai keliru memilih maka bisa jadi tamu yang hadir akan sedikit karena bentrokan dengan waktu kerja.

tips memilih tanggal pernikahan

Terkadang pasangan terlalu terburu-buru ketika menentukan tanggal tanpa mempertimbangkan kesibukan teman, saudara bahkan keluarga sendiri. Memang penentuan tanggal diputuskan oleh calon pengantin. Jika anda merasa bingung dan ragu dalam menentukan tanggal pernikahan, silahkan ikuti tipsnya berikut ini.

Musim Favorit

Anda perlu memperhatikan musim pada bulan yang akan dijadikan waktu pernikahan. Jika ternyata seringnya turun hujan maka tidak pas untuk mengadakan pernikahan di luar ruangan atau outdoor. Jika anda tetap bersikukuh untuk mengadakan di luar maka mau tidak mau harus menunggu musim panas.

Pilihan Sentimental

Beberapa calon pengantin memilih tanggal berdasarkan keyakinan tertentu seperti tanggal-tanggal di bulan syawal dan muharram. Ada juga yang berdasarkan alasan sentimental seperti hari lahir sang calon atau tanggal kencan pertama. Jika seperti ini anda harus berdiskusi dengan masing-masing pihak keluarga. Jangan sampai ada pemaksaan dalam penentuan tanggal pernikahan.

Hari Libur

Tidak sedikit pasangan yang menggelar pernikahan pada hari libur biasa atau besar. Anda berharap mengadakan pesta di waktu tersebut karena tamu yang hadir lebih banyak memiliki waktu luang. Jika ingin mengundang saudara atau teman yang jauh maka sebaiknya memilih hari libur panjang agar tamu yang datang bisa sambil liburan. Tentu dengan waktu libur tamu tidak terkesan terburu-buru untuk pulang.

Ketersediaan Venue

Jika memilih venue yang yang sesuai keinginan anda dan kenal baik dengannya, maka anda harus tahu ketersedian waktunya. Bisa jadi dia juga mengurus pernikahan di tempat lain. Jika ternyata tanggal yang anda inginkan sudah dipakai orang lain maka anda bisa memakai tanggal lain sehingga bisa lelbih leluasa untuk mendiskusikan perencanaan pernikahan dengan venue pilihan anda.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda coba. Sebenarnya esensi dari pernikahan bukan dari tanggalnya tetapi dari akad ijab qabulnya.

Leave a Reply