Tutorial Membuat Surat Lamaran Kerja Untuk Menunjukkan Kemampuan Anda

            Ketika melamar pekerjaan, hal pertama yang dilihat oleh perusahaan adalah surat lamaran pekerjaan. Melalui surat lamaran pekerjaan, Anda memberikan first impression kepada pemlik atau penyeleksi. Maka dari itu, surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan jelas dan memuat hal-hal yang penting untuk diberitahukan.

Kebanyakan orang, tidak mengetahui cara menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar. Namun, karena ketidaktahuan ini sangat berpengaruh pada keberhasilan mendapat pekerjaan. Oleh karena itu, kali ini kita akan memahas mengenai tutorial membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan dapat menunjukkan kemampuan Anda, selamat membaca !.

Pembuka Surat Lamaran Kerja

            Sebelum memulai menulis surat lamaran pekerjaan, ada baiknya Anda memberi judul. Judul disini opsional sehingga jika tidak ditulis pun tidak begitu bermasalah. Beberapa orang memberikan judul “Surat Lamaran Pekerjaan” di atas.

Kemudian, tulislah tempat dan tanggal surat tersebut dibuat. Misalnya jika dibuat pada hari ini, ditulis dengan Jakarta, 24 April 2017. Tempat dan tanggal ditulis di bagian kanan atas. Sedangkan di bagian kiri atas ditulis tujuan surat. Misalnya seperti gambar di bawah ini. Jika Anda mengetahui nama terang tujuan surat, bisa juga dituliskan pada bagian tersebut.

Kini beralih pada bagian pembuka surat. Awali surat dengan salam atau frasa dengan hormat. Kemudian jelaskan dari mana Anda mendapatkan informasi pekerjaan yang sedang Anda lamar saat itu. Misalnya “Setelah membaca informasi lowongan pekerjaan dari koran Riau Post  pada Senin, 24 Maret 2017 lalu, Saya . . .”. Jika Anda mendapat informasi dari teman, Anda juga bisa menuliskannya dalam surat. Ini untuk memberi gambaran bahwa Anda adalah orang yang mendapatkan informasi secara relevan dan tidak mencoba-coba.

Isi Surat Lamaran Kerja

Setelah salam pembuka, Anda bisa langsung memperkenalkan diri Anda. Hindari menggunakan terlalu banyak basa basi dalam surat lamaran pekerjaan. Ini akan membuat pembaca atau penyeleksi kurang suka karena tidak to the point dan bertele-tele.

Kemudian, tulislah kualifikasi yang bisa Anda tonjolkan dalam surat. Tidak perlu dijelaskan secara detail karena Anda nantinya bisa melampirkannya di curriculum vitae. Yang penting, kualifikasi yang ada di isi lamaran pekerjaan benar-benar konkret dan penting untuk pekerjaan yang akan Anda lamar. Kualifikasi inilah yang menentukan apakah penyeleksi akan tertarik mengupas curriculum vitae Anda atau tidak.

Selanjutnya, berikan paragraf yang berisi keyakinan Anda akan kemampuan mengemban tugas dalam posisi tersebut. Misalnya sebagai berikut,

  • Walaupun saya baru saja menamatkan pendidikan jenjang SMA dan masih menempuh pendidikan pada semester pertama, Saya yakin akan mampu melaksanakan tugas yang akan diberikan dengan bekal semangat, tekad bekerja, ilmu, dan pengalaman yang saya miliki. Bersama ini saya lampirkan curriculum vitae sebagai pertimbangan Bapak/Ibu.
  • Meskipun saya baru saja menamatkan pendidikan S1 Pendidikan Ekonomi dan baru memiliki sedikit pengalaman, saya yakin dapat melaksanakan tugas dengan baik. Saya memiliki semangat dan tekad untuk terus memperbaiki diri dan menjalankan pekerjaan secara maksimal. Bersama surat lamaran pekerjaan ini, saya lampirkan curriculum vitae dan lampiran lain sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Pastikan isi surat lamaran pekerjaan Anda ditulis secara singkat dnegan EYD yang benar. Akan menjadi nilai tambah bagi Anda jika isi surat lamaran pekerjaan Anda menarik namun tetap sopan dan sesuai kaidah.

Penutup Surat Lamaran Kerja

Pada dasarnya, kalimat penutup dalam surat lamaran pekerjaan hampir sama dengan surat lainnya. Kalimat penutup bisa diawali dnegan kata demikian, sekian, atau kata penanda berhenti lain yang umum ditulis. Dalam kalimat penutup, Anda juga bisa menuliskan harapan bahwa Anda benar-benar ingin bekerja sama dengan tim perusahaan tempat Anda melamar. Berikut ini adalah contoh kalimat penutup yang bisa Anda imitasi.

Lampiran Surat Lamaran Kerja

            Terkadang, perusahaan telah menetapkan persyaratan lampiran yang harus disertakan ketika Anda mengirim surat lamaran pekerjaan. Namun bagi beberapa perusahaan, biasanya mereka hanya memberi informasi lowongan dan persyaratan tanpa menjelaskan yang harus dilampirkan. Nah, apa saja yang harus dilampirkan dalam surat lamaran peerjaan ?.

Yang pertama adalah identitas pribadi seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga (opsional), atau passport bagi warga negara asing. SIM juga mungkin diminta bagi Anda yang melamar pekerjaan untuk perusahaan transportasi dan jasa angkut. Pas foto juga termasuk identitas pribadi, biasanya perusahaan meminta pas foto berwarna 3×4 (umumnya). Jadi, sagat penting untuk mempersiapkan identitas diri yang valid dan jelas.

Kemudian yang kedua adalah curriculum vitae. Curriculum vitae memuat segala data diri yang dibutuhkan. Mulai dari biodata diri, alamat, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat organisasi, pengalaman, pelatihan dan sebagainya. Buatlah curriculum vitae Anda menarik dan membuat penyeleksi merasa Anda layak untuk posisi yang Anda lamar. Anda bisa memanfaatkan digital desain untuk mempercantik curriculum vitae Anda.

Setelah menulis curriculum vitae, tentunya butuh bukti agar penyeleksi semakin percaya. Lampirkan ijazah dan serfikat yang berhubungan dengan curriculum vitae Anda. Lampirkan yang penting dan berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Sehingga memberi nilai tambah bagi kualifikasi pekerjaan Anda.

Setelah semua lampiran lengkap, satukan file menggunakan clip atau stapler. Jangan biarkan file Anda tercecer dan tidak rapi. Masukkan dalam satu amplop cokelat bersama surat lamaran peerjaan Anda. Ikat dengan rapi dan tuliskan tujuan pada amplop. Meskipun lamaran Anda sampaikan secara langsung atau tidak melalui media pos, tetap saja alamat penting dicantumkan. Agar surat Anda jelas, dan bisa sampai ke pihak penyeleksi melalui resepsionis. Tuliskan juga kata “surat lamaran pekerjaan” di amplop menggunakan huruf kapital untuk memperjelas. Jika sudah, waktunya untuk berdoa dan mempersiapkan diri pada interview.

Setelah mengirim surat lamaran pekerjaan, baiknya Anda menunggu 2-4 minggu untuk pengumuman. Jika dalam empat minggu belum ada kabar, Anda dapat menelepon resepsionis atau memasukkan lamaran di perusahaan lain.

Itulah tadi tutorial dalam menulis dan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk bekerja pada posisi dan perusahaan yang Anda inginkan. Jika saat ini Anda masih belum mendapat pekerjaan, jangan khawatir dan teruslah berusaha, banyak sekali lowongan yang bisa Anda lamar mengingat mudahnya informasi saat ini. Sekian dulu artikel ini, sampai jumpa di artikel yang selanjutnya !.